Berita Terpopuler DepokToday, 24 Juli 2021: Orang Jawa Setara Ratu Belanda, Sosok Cantik Dari Baduy

Salah satu usaha yang dijalankan Tasripin adalah bisnis kulit. Majunya bisnis kulit yang dijalankan Tasripin dan keluarganya pada awal tahun 1900-an membuatnya membutuhkan lebih banyak pekerja.

Dia pun kemudian mempekerjakan banyak orang yang diambil dari desa-desa di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pekerja yang datang kala itu pun semakin banyak, sehingga mereka menempati aset-aset rumah lain yang dimiliki Tasripin.

Para pendatang yang menempati rumah Tasripin ini kemudian mendapat julukan sebagai Kaum Boro. Mereka telah menempati rumah itu secara turun-temurun.

Derajat Tasripin Setara Ratu Belanda

Kabar tentang seorang pribumi kaya raya bernama Tasripin rupanya terdengar hingga Negeri Belanda. Oleh Ratu Belanda Wilhelmina, dia diberikan sejumlah uang koin yang di kedua sisinya ada gambar wajah sang ratu.

Untuk mengapresiasi pemberian itu, Tasripin memasang beberapa uang koin itu di lantai rumah miliknya. Karena adanya uang koin ini, para serdadu Belanda tak pernah sekalipun menggeledah aset rumah milik Tasripin.

“Waktu itu, para serdadu Belanda rutin melakukan penggeledahan pada rumah-rumah di perkampungan. Namun rumah milik Tasripin tak pernah digeledah. Sebab jika mereka masuk rumahnya sama saja dengan menghina Ratu Belanda,” ucap sejarawan Universitas Negeri Semarang, Ufi Saraswati.

Walaupun kisah kejayaan Tasripin sudah berlalu, namun jejak-jejaknya masih bisa ditemukan hingga kini. Salah satunya adalah sebuah masjid yang berada di Kampung Kulitan, Semarang, yang bernama Masjid At-Taqwa.

Karena masih ada hubungannya dengan konglomerat pribumi itu, masjid tersebut juga dikenal dengan nama Masjid Tasripin. Menurut keterangan warga sekitar, dulunya masjid itu adalah sebuah langgar yang khusus dibangun sebagai tempat ibadah keluarga Tasripin dan juga para pekerjanya.

2. Menguak Sosok Dewi, Si Cantik dari Baduy yang Bikin Heboh Netizen

Indonesia memiliki beragam budaya dan suku yang cukup banyak menyita perhatian. Salah satunya adalah Baduy. Suku yang berada di wilayah Banten itu selalu menarik untuk disimak karena menjaga kuat tradisi warisan leluhur.

Bahkan, baru-baru ini jagat dunia maya dihebohkan dengan kabar tidak adanya kasus COVID yang menjangkit suku Baduy.

Kanal YouTube Monti absurd ©2021. Foto Merdeka.com
Kanal YouTube Monti absurd ©2021. Foto Merdeka.com

Tak hanya itu saja, belakangan ini, publik juga dibuat tercengang dengan kemunculan sosok wanita berparas cantik yang disebut sebagai salah satu warga asli suku tersebut.

Disitat dari merdeka.com, wanita tersebut mengaku bernama Dewi. Ia merupakan penduduk asli yang telah dipinang oleh pria dari Baduy Luar. Rumah tangganya telah dikaruniai seorang putra kecil, bernama Aceng.