Berita Terpopuler DepokToday, 15 Juli 2021: Siti Fadilah Blak-Blakan, Annisa Pohan Curiga

Anggota DPR RI, Sultan minta Jokowi libatkan Siti Fadilah Supari (Istimewa)
Anggota DPR RI, Sultan minta Jokowi libatkan Siti Fadilah Supari (Istimewa)

DEPOK – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Kamis pagi, 15 Juli 2021. Mantan menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengungkapkan alasan banyak pasien COVID-19 meninggal karena kekurangan vitamin D3 menjadi berita terpopuler pertama.

Menurut Siti Fadilah, kekurangan vitamin D3 dalam tubuh sebabkan imunitas menurun sehingga mudah mengalami penurunan saat terserang COVID-19.

Annisa Pohan mencurigai adanya motif bisnis dari perusahaan BUMN dalam rencana program vaksin gotong royong jadi berita terpopuler selanjutnya.

Istri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ini mengatakan, mencurigai perusahaan plat merah Kimia Farma memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 dengan menjual vaksin gotong royong.

Berita selanjutnya, tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membela habis-habisan Presiden Joko Widodo dari sejeumlah pihak yang berusaha menyudutkannya ditengah situasi pandemi COVID-19.

Selanjutnya, pria meninggal secara misterius di stasiun Depok dan pesan Presiden Jokowi untuk para perwira remaja TNI Polri yang baru dilantik juga menyita perhatian.

Baca Juga: Rakyat Dilarang Keluyuran, Menteri Jokowi Malah Keluar Negeri

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Kamis pagi:

  1. Siti Fadilah Ungkap Penyebab Pasien COVID Banyak yang Meninggal

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari kembali menyinggung soal merebaknya kasus COVID-19 di Tanah Air. Kali ini ia membahas tentang penyebab banyaknya pasien yang meninggal akibat ganasnya virus tersebut.

Menurut Siti Fadilah, sebagian besar warga Indonesia kekuragan vitamin D3 dalam darahnya. Fenomena ini cukup dikenal akrab di dunia kedokteran.

Kata Siti Fadilah, umumnya nilai normal vitamin D dalam darah manusia berkisar 30-100 ng/mL. Tetapi kebanyakan orang Indonesia, di bawahnya. Bahkan tak sedikit yang berada di bawah 20.

Jika sudah demikian, akan sangat berbahaya untuk imunitas, termasuk akan mudah mengalami perburukan kalau terkena COVID.

Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa pasien covid bisa meninggal, salah satunya karena kandungan D3 dalam darah rendah.

“Vitamin D3 itu penting dan tak boleh kurang dalam darah, kalau kurang kita akan gampang kena. Kalau saya menganjurkan kandungannya 40, normalnya kan angkanya 30-100. Sebab kalau kurang dari 20, kalau kena covid biasanya meninggal,” kata Siti Fadilah dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com pada Rabu 14 Juli 2021.

“Kalau lebih dari 20 dia akan tetap hidup, dan lebih dari 30 dia akan OTG. Maka lebih baik lebih dari 40 aman,” timpalnya lagi.

Vitamin D3 sendiri sebenarnya terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Selain itu, vitamin D3 juga dapat dijumpai pada makanan yang berasal dari hewan, seperti ikan laut, seperti salmon, tuna, dan tongkol.