Berikut 5 Fakta Kejadian Runtuhnya Atap Mal Margo City

Kondisi Margo City Depok pada Sabtu 21 Agustus 2021. (DepokToday.com)
Kondisi Margo City Depok pada Sabtu 21 Agustus 2021. (DepokToday.com)

DepokToday – Insiden runtuhnya atap plavon Mal Margo City masih menyita perhatian publik. Selain meninggalkan duka mendalam bagi para korban, penyebab kejadian yang masih diselidiki menyisakan tanda tanya, apa yang membuat atap itu runtuh hingga merenggut satu nyawa dan 10 lainnya luka-luka.

Berikut DepokToday merangkum fakta-fakta kejadian yang terjadi pada Sabtu, 21 Agustus 2021 malam itu:

1. Sempat disebut aksi terorisme karena adanya ledakan

Beredar kabar, sempat terdengar suara ledakan yang cukup keras ketika peristiwa itu terjadi.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti sumber suara tersebut dan apa penyebab dari kejadian ini.

Baca Juga: Geger Ledakan di Margo City, Pengelola Pastikan Bukan Serangan Teroris

Marcom Manajer Margo City, Reza Ardiananda memastikan kejadian ambruknya sejumlah bagian bangunan di mal ini tidak ada kaitannya dengan serangan teroris. Meski begitu, dia belum dapat memastikan penyebab pasti ambruknya atap itu.

“Ini sedang kami selidiki lagi tentang penyebab kejadian tersebut. Tapi bisa kami pastikan bahwa ini bukan tindakan terorisme atau kriminalisme sepeti yg sudah tersebar di luar,” katanya di lokasi kejadian pada Sabtu 21 Agustus 2021.

2. Akibat kejadian itu 11 Orang luka-luka, dan 1 meninggal dunia

Sebanyak 11 orang luka-luka akibat terkena runtuhan bangunan di area gedung pusat perbelanjaan Margo City, Jalan Margonda, Depok pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi, Imran Edwin Siregar mengungkapkan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 16:30 WIB.

Baca Juga: 11 Orang Terluka Akibat Peristiwa di Margo City, Ini Datanya

“Korbannya 11 orang luka-luka,” katanya di lokasi kejadian.

Sejumlah korban tersebut, kata Imran, ada yang mengalami luka ringan dan berat. Mereka saat ini sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

“Tiga orang di Rumah Sakit UI, delapan orang lainnya di Rumah Sakit Bunda,” jelasnya.

Baca Juga: Innalillahi, Satu Orang Tewas Dalam Kejadian di Margo City

“Kemudian saya tambahkan satu orang atas inisial M, karyawan JCO pukul 03.30 meninggal dunia. Dia mengalami luka di kepala,” katanya. 

3. Suara ledakan karena lift jatuh dari lantai 3

Imran meluruskan, suara dentuman kencang bukan berasal dari ledakan bom seperti yang ramai dibicarakan.

“Sehingga beberapa plafon dari lantai tiga dan satu ambruk. Jadi saya nyatakan tidak ada ledakan bom. Hasil dari pemeriksaan tim Gegana Jibom dan KBR tidak ada ledakan bom untuk meluruskan simpang siur berita bahwa ada ledakan bom,” ujarnya.

Baca Juga: Terungkap, Ini Penyebab Dentuman Keras di Margo City Depok

“Tetapi akibat lift barang dari lantai tiga ke satu karena beban yang berat dan struktur bangunan juga tidak kuat, itu yang mengakibatkan suara yang berada, sehingga beberapa plafon dan tembok tubuh,” timpalnya lagi.

Kepolisian kata dia, masih terus melakukan penyelidikan atas kasus ini. Selama proses itu, mal Margo City ditutup untuk sementara. “Ditutup sementara selama pemeriksaan,” ungkap Imran.

4. Berbeda dengan polisi, damkar sebut penyebab peristiwa karena ledakan

Berbeda dengan analisa polisi, seorang petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mensinyalir, pemicu dari kejadian itu adalah ledakan dari salah satu selang pipa gas.

“Logikanya, kesimpulan teman-teman kalau memang karena konstruksi dan dentuman keras lift efeknya radius pecahannya rendah tembok retak dan juga serpihanya tidak jauh,” kata seorang petugas yang enggan disebutkan namanya itu.

Baca Juga: Bukan Lift Jatuh, Ini Dugaan Lain di Balik Peristiwa Margo City

Menurut dia, hal tersebut dapat dibuktikan dari sejumlah foto yang beredar.

“Itu kan di foto banyak, serpihanya sampe jauh kelempar keluar. Itu berarti karena adanya tekanan yang mengendap dan meluap,” jelasnya.

“Sehingga, terjadilah ledakan. Dan di TKP teman-teman Damkar mencium bau gas juga,” sambungnya.

Bahkan, kata dia, ada beberapa yang bilang sebelum terjadi ledakan tercium bau gas yang cukup menyengat. “Ada di beberapa titik.”

Dugaan tersebut juga diungkapkan oleh Kepala Damkar Kota Depok, Gandara Budiana.

“Laporan kejadian sementara ada ledakan di tenan Marugame Udon. Penyebab sumber ledakan analisa sementara dari gas,” katanya dalam pesan singkat yang diterima DepokToday.com.

5. Sehari setelahnya polisi akui adanya kebocoran pipa gas

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan Tim Labfor Mabes Polri, diketahui ada kebocoran gas sebelum lift jatuh.

“Hasil sementara Tim Labfor bahwa diduga ada kebocoran pipa gas, sehingga ada kerusakan lanjutan yang disebutkan kerusakan lanjutan mengakibatkan lift itu jatuh dari lantai tiga ke dasar. Itu untuk sementara, perkembangan selanjutnya besok mungkin akan saya sampaikan,” kata Imran di Margo City, Depok pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Baca Juga: Polisi Ungkap Fakta Baru di Balik Tragedi Margo City Depok

Dia mengatakan, tim sampai saat ini masih menyelidiki penyebab bocornya pipa gas di pusat perbelanjaan ini. Namun, dari hasil analisa sementara, diduga karena kebocoran gas yang memenuhi ruangan menyebabkan lift tidak dapat menahan beban.

“Gas itu memenuhi ruangan padat, sehingga, nah ini masih diselidiki labfor apa pemicunya, karena gas itu bocor ada pemicunya ini yang belum ditemukan,” jelasnya.