Benfica Ujian Besar Xavi Hernandez Bersama Barcelona

Selebrasi Darwin Nunez setelah mencetak gol ke gawang Barcelona.(Foto: Twitter/Champions League)
Selebrasi Darwin Nunez setelah mencetak gol ke gawang Barcelona.(Foto: Twitter/Champions League)

DepokToday-Xavi Hernandez menghadapi ujian besar pertamanya saat Barcelona menghadapi Benfica dalam laga yang dapat menentukan tempat di 16 besar Liga Champions UEFA.

Setelah menang atas Espanyol 1-0 di La Liga akhir pekan lalu, Xavi kini di hadapkan dengan kenyataan di Liga Champions.

Barcelona yang menempati peringkat dua klasemen Grup E belum pasti mendapat tiket ke 16 besar. Sementara satu tiket sudah disegel Bayern Munchen.

Menjamu Benfica di Camp Nou, Rabu 24 November 2021 dini hari WIB, Barcelona asuhan Xavi wajib memenangkan pertandingan agar asa tampil ke babak selanjutnya tetap terjaga.

Xavi Hernandez.(Foto: Twitter/FC Barcelona)
Xavi Hernandez.(Foto: Twitter/FC Barcelona)

Apabila tersungkur di kandang sendiri, peringkat Barcelona sudah pasti melorot ke urutan tiga. Peluang lolos pun menjadi sempit mengingat di laga terakhir Barcelona akan menghadapi Bayern Munchen.

“Kami berada dalam situasi ini karena kami kalah dari Bayern dan Benfica, dan itulah yang harus kami hadapi … situasinya adalah kami harus memenangkan salah satu dari dua pertandingan berikutnya,” jelas Xavi.

BACA JUGA: Dilatih Xavi Hernandez, Barcelona Menang Lawan Espanyol

BACA JUGA: Barcelona Menang Tipis di Kyiv, Ini Pengaruhnya di Papan Klasemen Grup E

Barcelona sekarang harus tetap setia pada keyakinan Xavi dalam panasnya pertempuran melawan Benfica.

“Kami harus menyerang lawan, mendominasi, menguasai bola. Ini bukan masalah fisik, ini masalah sepak bola,” tegasnya.

Artinya, game kedua Xavi ini adalah ujian awal, bukan metodenya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diasah dan diukur, tetapi keyakinan timnya dalam menjalankannya.

“Setelah memenangkan pertandingan pertama itu kami lebih tenang, kemenangan memberi kami ketenangan pikiran dan meningkatkan moral kami,” ucap Xavi.

“Tapi Selasa adalah pertempuran lain dan kami tidak bisa mengabaikan prinsip kami. Ini final lain bagi kami,” Xavi menambahkan.

BACA JUGA: Barcelona Kalah Lagi, Kali Ini Dibantai Benfica Tiga Gol Tanpa Balas

BACA JUGA: 4 Tim Ini Sudah Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2021-2022

Benfica yang datang ke Spanyol tampaknya memiliki kepercayaan diri tinggi. Sebabnya, Benfica mengalahkan Barcelona tiga gol tanpa berbalas di pertemuan sebelumnya, tanggal 30 September 2021.

Namun, pelatih Benfica, Jorge Jesus, ketika ditanya apakah mereka dapat menerapkan tekanan yang sama seperti yang mereka lakukan di pertandingan sebelumnya, ia menjawab akan lebih sulit.

“Ini akan lebih sulit, tidak diragukan lagi, tetapi jangan lari dari gagasan kami tentang permainan, yang akan menjadi sama. Kualitas Barcelona dapat dengan mudah menghilangkan tekanan pada pemain dengan bola, tetapi mari kita coba. Kami tahu kapan kami harus menekan lebih banyak dan kapan lebih sedikit,” tegasnya.

(tdr/Sumber: firstpost.com, UEFA)