BEM dan Dosen Kembali Demo Tolak Statuta UI, Ini Ancamannya

BEM UI demo tolak Statuta UI (Foto: Istimewa)
BEM UI demo tolak Statuta UI (Foto: Istimewa)

DepokToday- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI, kembali menggelar aksi unjuk rasa bersama sejumlah dosen terkait Statuta UI pada Jumat 12 November 2021.

Aksi tersebut berlangsung di lingkungan kampus UI, Depok. Sebelum berorasi menyampaikan tuntutannya, masa demonstran sempat melakukan longmarch di sekitar gedung rektorat.

“Ini adalah kekhawatiran dari teman mahasiswa dan dosen UI yang memiliki kekhawatiran soal Statuta UI yang bermasalah dan dampaknya kepada lingkungan tercinta,” kata Ketua BEM UI, Leon Alvinda pada wartawan.

Baca Juga: Teriak Kafir, Pria Ini Ngamuk Serang Mobil PLN dan Warga Depok

Ia mengaku, ini adalah aksi unjuk rasa ketiga yang dilakukan para mahasiswa BEM UI bersama sejumlah dosen.

“Aksi pertama dan kedua belum ada jawaban dan respon dari rektor dan ketua MWA (Majelis Wali Amanah). Kita bisa liat bahwa teman-teman yang masih berjuang di tengah hujan merupakan bukti kecintaan mahasiswa UI dan dosen kepada almamater,” ujarnya.

Baca Juga: Garong Satroni Tiga Sekolah di Tapos, Satu Penjaga Luka Parah

Menurut Leon, bukti kecintaan itu ditunjukkan dengan sikap BEM UI yang tetap memperjuangkan kebenaran. Pihaknya menganggap, Statuta UI mulai dari secara formil dan materil tidak mengandung kebenaran, mengandung banyak kecacatan.

“Dimana salah satunya UI diperbolehkan atau memperbolehkan anggota parpol untuk masuk kampus dan jadi anggota MWA.”

Ancaman BEM UI Soal Statuta

Jika sampai aksi ketiga rektor dan MWA tidak memberikan respon, dan tidak mau mendengarkan aspirasi mahasiswa maupun dosen, maka pihaknya mengancam bakal mengeskalasikan gerakan ke tingkat selanjutnya, dalam hal ini pemerintah pusat.

“Kita akan tunggu sampai jam 4-5 dan kalau nggak ada respon kita tidak akan berhenti hari ini. Akan ke Kemendikbud dan Presiden,” janjinya. (rul/*)