Beli Bibit Tanaman Via Online, Pria Ini Pasrah Isi Paketnya Beginian

Kasus penipuan modus belanja online (Foto: Instagram)
Kasus penipuan modus belanja online (Foto: Instagram)

DepokToday- Peristiwa ini bisa jadi pelajaran berharga bagi Anda yang suka membeli barang melalui situs online. Alih-alih mendapat barang yang diinginkan, pria ini justru kena tipu. Alhasil, uang senilai Rp 500 ribu pun raib begitu saja.

Dalam video yang diposting akun media sosial Instagram @warungjurnalis terlihat, seorang pria yang membeli pesanan bibit tanaman via online dengan sistem COD, awalnya girang setelah paket yang dipesan sampai.

Namun setelah dibuka, paket tersebut ternyata hanya berisi tumpukan sampah kertas dan sebongkah batu biasa.

Baca Juga: Polisi Duga Pria yang Serang PLN Alami Gangguan Jiwa, Ini Sebabnya

Melihat isi paket tidak sesuai dengan yang dipesan dan menyadari bahwa pembeli telah ditipu, si kurir pun merasa tak enak hati.

Namun demikian, korban tak menyalahkan kurir. Meski sudah ditipu oleh penjual online, pria tersebut nyatanya tetap membayar ke kurir sesuai dengan tagihan pembayaran, yang nilainya sekira Rp 500 ribuan.

Waspada Modus Penipuan Belanja Online

Melansir akun tersebut, kasus penipuan dengan modus seperti itu rupanya kerap terjadi dan biasanya kurir selalu menjadi sasaran kemarahan pembeli.

Sebenarnya penelusuran para pelaku penipuan penjual via online ini bisa ditelusuri, mulai darimana paket itu dikirim via jasa pengiriman, karena, setiap orang yang mengirim barang, ditempat jasa pengiriman ada CCTV, kemudian data alamat dan nomor HP si pengirim.

Baca Juga: Bumbu Dapur Ini Ampuh Mengatasi Sakit Jantung, Lambung Hingga Pikun

Bagi warganet sekalian, langkah jitu membeli barang via online adalah, ajak penjual untuk VC (Video Call), simpan dan kenali nomor HP penjual via aplikasi untuk mengetahui kejelasannya.

“Jangan terbuai dengan harga murah, kenali toko/penjual dengan melihat rating penjualan dan testimoni pembeli lain,” ujar keterangan dalam akun @warungjurnalis. (rul/*)