Belanja Pakai Uang Palsu, Wanita Ini Bikin Gaduh Pasar Agung

Polisi sita tumpukan uang palsu pada 2020, lalu. (Foto: Depoktoday)
Polisi sita tumpukan uang palsu pada 2020, lalu. (Foto: Depoktoday)

SUKMAJAYA- Seorang wanita kedapatan membawa uang palsu saat berbelanja di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok pada Jumat 7 Mei 2021. Peristiwa itu sempat membuat gaduh seisi pasar tradisional tersebut.

Beruntung petugas bertindak sigap dan langsung mengamankan wanita itu dari kepungan massa, sedangkan uang palsunya disita petugas sebagai barang bukti. Kejadian ini viral di media sosial.

Nanda, salah satu saksi mengatakan, wanita yang belum diketahui identitasnya itu sempat belanja daging dan sayur dengan nilai sekira Rp 1,4 juta. Empat lembar pecahan senilai Rp 100 ribu ternyata uang palsu.

“Dia kesini beli tulang iga, pas dilihat ternyata belanja dengan uang yang sama. Yang kita temukan uang palsunya senilai Rp 400 ribu,” katanya

Menurut Nanda, sebelumnya kasus serupa juga terjadi pada pedagang lain.

“Kalau kemarin belanjanya Rp 800 ribu, uang palsunya Rp 200 ribu. Pelakunya cewek doang sendiri. Ibu-ibu,” ujarnya.

Diselidiki Polisi

Khawatir terjadi hal yang tak diinginkan, oleh petugas tertib pasar, wanita itu kemudian dibawa ke Polsek Sukmajaya. Kasusnya kini dalam penyelidikan lebih lanjut.

“Iya sudah kami amankan. Didapati uang palsunya empat lembar pecahan Rp 100 ribu, jadi total senilai Rp 400 ribu. Saat ini masih kami selidiki apakah dia murni pelaku atau sebaliknya, korban juga. Nah ini yang sedang kami dalami,” kata Kanit Reskrim Polsek Sukmajaya, Ajun Komisaris Polisi, Harun Rasyid. (rul/*)