Belajar Online Lagi, Coba Lima Cara Asyik Ini Supaya Tidak Jenuh di Rumah

Seorang siswa G-Labs tampak semangat mengikuti sistem pembelajaran yang dilakukan secara online (DepokToday.com)
Seorang siswa G-Labs tampak semangat mengikuti sistem pembelajaran yang dilakukan secara online (DepokToday.com)

DEPOK – Pada masa Pandemi ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Tentunya hal ini banyak membuat jenuh siswa atau mahasiswa di perguruan tinggi.

Kualitas belajar yang baik tentunya sangat dibutuhkan agar konsentrasi menerima pelajaran dapat terus didapatkan.

Nah, suasana belajar yang baik ini tidak terlepas bagaimana membuatnya lebih mengasyikan. Dikutip dari Suara.com, berikut ini lima cara agar belajar menjadi lebih mengasyikan.

1.Siapkan camilan dan setel musik kesayanganmu

Menyantap makanan enak memang bisa meningkatkan mood agar perasaanmu menjadi lebih baik. Tentu hal ini bisa membantumu ketika sedang jenuh saat belajar secara online.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan cemilan kesukaanmu ketika belajar, agar tetap semangat melakukan berbagai aktivitas serta mengembalikan tenaga yang terkuras.

Coba kombinasikan dengan mendengarkan musik kesukaanmu agar kondisi belajar tidak monoton dan membantu meningkatkan semangat.

2.Menghias ruang belajar

Suasana ruangan tentu saja bisa memicu tingkat mood ketika belajar. Maka menghias ruangan belajar adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan kebosanan ketika belajar di rumah.

Posisikan peralatan belajar dekat dengan jendela, agar mendapatkan pencahayaan serta menerima udara segar dari luar rumah yang bisa membuat rileks pikiranmu.

Hias ruangan belajarmu deng berbagai pernak-pernik dekorasi seperti tanaman hias, bingkai foto, poster, aksesoris aesthetic dan dekorasi lainnya. Buatlah suasana senyaman mungkin agar tetap bisa meningkatkan mood dan semangat disaat belajar dari rumah.

Baca juga: Presiden Dorong Percepatan Vaksinasi untuk Pelajar SMP dan SMA

3.Jauhkan benda yang mengganggu konsentrasi belajar

Rumah merupakan tempat yang cocok untuk istirahat dan menenangkan diri sendiri selepas penat melakukan aktivitas. Hal tersebut menjadi konsentrasi belajar terganggu. Sehingga bisa membuat bermalas-malasan. Ditambah lagi berbagai macam benda yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti bermain smartphone.

Kurangilah aktivitas yang mengganggu belajar di rumah agar tetap bisa berkonsentrasi belajar. Melatih untuk fokus dengan tugas yang dikerjakan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dan melatih konsistensimu.

4.Luangkan waktu untuk sharing kepada orang terdekat selama belajar

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk curhat atau sharing seputar aktivitas yang sedang kamu jalani kepada orang terdekat. Selalu aktif berkomunikasi dengan orang lain merupakan cara yang tepat dikala pandemi saat ini.

Coba sharing kendala apa saja yang sedang kamu hadapi kepada orang terdekat. Perlu diingat, masalah psikologis ketika merasa kesepian memang perlu diobati selama pandemi. Maka cobalah untuk menjalin hubungan dengan orang lain melalui telepon atau video call.

5.Gunakan waktu libur sebaik mungkin

Ketika waktu libur datang, menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk menyegarkan pikiran ketika belajar secara online. Lakukan aktivitas yang bisa membuat mood menjadi lebih baik, seperti menonton film, bermain game, memasak, dan kegiatan lainnya yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Tips Belajar Online Bisa Diaplikasikan Orang Tua

Bukan hanya untuk siswa atau mahasiswa, tips ini bisa juga diaplikasikan untuk orang tua yang memiliki anak yang sering bosan ketika menjalani kegiatan belajar di rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan tetap jaga protokol kesehatan di pandemi saat ini. (lala/*)