Begini Teknis Bikin Pertemuan Saat PPKM Level 3 di Depok

Pertemuan mingguan Pedagang Pasar Kemirimuka.(Foto: DepokToday/Hen)

DepokToday – Ingin mengadakan pertemuan selama masa PPKM Level 3? Pemerintah Kota Depok telah membolehkan kegiatan tersebut meski saat ini masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Mengacu pada Surat Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/379/Kpts/Satgas/Huk/2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 3 COVID-19, rapat, pertemuan atau kegiatan sejenisnya boleh dilakukan asal tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, dalam masa PPKM Level 3 pelaksanaan rapat atau pertemuan bisa dilakukan secara daring atau online dan bisa juga secara tatap muka.

Baca Juga: Wali Kota Depok Mulai Longgarkan Jam Operasional dan Kapasitas Orang dalam Perpanjangan PPKM Level 3

“Khusus rapat atau pertemuan tatap muka dilakukan dengan pembatasan paling banyak dihadiri 20 orang,” kata Idris dalam beleid tersebut.

Selain dibatasi jumlah peserta yang hadir, jarak antar peserta juga harus diperhatikan, minimal jarak antar satu peserta dengan peserta yang lain adalah 1,5 meter.

“Menunjukkan sertifikat vaksin atau dengan menunjukkan hasil swab antigen/swab PCR negatif, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” lanjut Idris.

Sementara untuk kegiatan bimbingan teknis, workshop dan kegiatan sejenisnya, Wali Kota Depok memberikan kelonggaran lebih yaitu paling banyak 30 orang dalam ruangan, jarak antar peserta minimal 1,5 meter, menunjukkan sertifikat vaksin atau dengan menunjukkan hasil swab antigen/swab PCR negatif, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sebagai informasi, dalam aturan sebelumnya, jarak antar peserta tidak terlalu diatur, pengaturan hanya sebatas jumlah peserta yang hadir dan menunjukkan sertifikat vaksin atau menunjukkan hasil swab antigen/swab PCR negatif, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam pelaksanaan PPKM Level 3 kali ini, Pemerintah Kota Depok telah melakukan beberapa penyesuaian. Hal itu selaras dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 38 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali. (ade/*)