Begini Sikap Politik Muhammadiyah Depok di Pilkada

0
156
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya.(Foto: DepokToday/Hen)

KUKUSAN—Netral aktif, tidak memihak apalagi dukung mendukung kepada pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota yang tampil di Pilkada Depok 2020, adalah sikap yang diambil Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok.

Demikian penegasan yang disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya, kepada wartawan, Rabu 18 November 2020.

“Muhammadiyah Depok netral aktif meskipun ada salah satu paslon pengurus Muhammadiyah,” ungkap Idrus di kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Jalan K.H. M. Usman, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji.

“Sementara paslon lainnya pernah mengenyam pendidikan di SD Muhammadiyah di Depok,” lanjut Idrus.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/covid-19-bisa-pengaruhi-kualitas-pilkada-depok-2020/

Meski secara organisasi netral, Idrus mengimbau kepada kader, pimpinan Muhammadiyah di tingkat daerah, cabang dan ranting dapat menyalurkan hak politiknya sesuai dengan pilihan masing-masing.

“Silakan memilih dengan pilihan masing-masing, tapi tetap mematuhi aturan, pedoman di dalam persyarikatan dengan mengedepankan ukhuwah, tasamuh atau toleransi diantara sesama anggota, kader dan pimpinan persyarikatan,” katanya.

Selain itu, Idrus juga mengajak semua pihak berperan serta mensuksekan Pilkada Depok sesuai dengan posisi, peran, dan fungsi masing-masing secara konsisten dan bertanggung jawab.

Ia juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) harus benar-benar menjaga netralitas, integritas, dan kredibilitas dengan tidak menggunakan dan menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kepentingan pemenang paslon, baik secara langsung atau tidak langsung.

“Pengurus Muhammadiyah mengajak dan berpartisipasi aktif, konstruktif dalam proses Pilkada Depok dengan menjadi pemilih yang kritis, cerdas, dan dewasa. Tanggal 9 Desember 2020 datang ke Tempat Pemungutan Suara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tegasnya.

(hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here