Begini “Ritual” Petugas Rutan Depok yang Jaga Banyak Napi

Gedung Rutan Kelas I Depok (DepokToday.com)
Gedung Rutan Kelas I Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Sejumlah pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas I Depok mengikuti pelatihan khusus untuk meningkatkan kualitas fisik, mental dan disiplin. Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Plt. Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat mengungkapkan, pelatihan kedisiplinan, fisik dan mental ini dinilai penting sebagai bahan dasar untuk menjadikan tugas serta fungsi kinerja di lapangan menjadi maksimal.

Baca Juga: Sejumlah Pedagang Depok Kena Tipu Modus Jual Minyak Murah

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai angkatan 2017 dan 2019. Adapun lokasi pelatihan berlangsung di halaman parkir Rutan Kelas I Depok.

Irvan berharap, dengan adanya pelatihan ini, seluruh pegawai dapat semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas dalam tugas.

“Kalian adalah generasi emas, kalian adalah agen perubahan, kalian adalah energi baru untuk pemasyarakatan. Berikanlah inovasi serta tunjukan dedikasi kalian untuk organisasi ini,” katanya pada seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut dikutip pada Rabu, 17 November 2021.

Baca Juga: Kasus Hoax Babi Ngepet, Kuasa Hukum: Sebar Berita Bohong Demi Redam Keresahan Warga

“Hilangkan sifat apatis dan hilangkan sifat-sifat yang dapat merugikan organisasi ini. Tunjukan konsistensi kalian dan berikan yang terbaik,” sambungnya.

Makna Penggodokan Mental Pegawai Rutan Depok

Dalam kesempatan itu, Irvan di dampingi pejabat struktural sempat memimpin langsung kegiatan tersebut. Ia menjelaskan, pelatihan ini meliputi kegiatan pembinaan fisik, pembinaan baris berbaris, serta penguatan dan motivasi kepada para pegawai.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk pembentukan kepatuhan sehingga akan tercipta kualitas pegawai yang handal, serta dapat meningkatkan kualitas diri khususnya di bidang kedisiplinan. Kegiatan ini pun sebagai ajang untuk memupuk rasa kekeluargaan dan solidaritas satu dengan lainnnya.”

Baca Juga: Nasib Tragis Penjaga SDN Sukatani 6, Dianiaya Rampok Dihadapan Anak Istri

Selain itu, mereka juga diwajibkan menyusuri jalan setapak mengelilingi Rutan Kelas I Depok.

“Ini (jalan keliling Rutan) ada maknanya. Mereka kami latih agar memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Semoga dengan adanya kegiatan ini, solidaritas antar pegawai lebih kuat sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi kinerja dapat tercapai dengan maksimal,” harapnya. (rul/*)