Begini Penampakan Museum Rasulullah di Depok

Konsep bangunan museum di proyek UIII (DepokToday, Rul)

CISALAK- Proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia  (UIII) ditargetkan rampung pada 2024 dengan total perkiraan anggaran mencapai Rp 3,9 triliun. Selain bakal dibangun kampus megah lengkap dengan asrama mahasiswa, di lahan seluas 142,5 hektar itu juga akan dibangun Museum Rasulullah.

          Lalu seperti apa konsep bangunan museum tersebut? Kepala Biro Umum Kementerian Agama RI, Syafrizal mengungkapkan, Museum Rasulullah akan dibangun di pinggir dekat Jalan Juanda sehingga mudah diakses. Adapun lahan yang disiapkan untuk museum tersebut seluas 5 hektar.

“Kalau bentuknya atau perencanaannya sedang berjalan, karena akan dibantu oleh Pemerintah Arab Saudi, arsiteknya dari kita (Indonesia). Yang mengerjakan orang kita. Insya Allah target 2024 selesai,” katanya di lokasi proyek UIII di kawasan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Depok seperti dilansir pada Senin 27 Januari 2020

          Syafrizal menjelaskan, pembangunan UIII akan berlangsung secara bertahap dengan total anggaran diperkirakan mencapai Rp 3,9 triliun.

“Prediksi dari RAB (Rencana Anggaran Belanja) yang diusulkan oleh PUPR, ini kan perencananya PUPR, bukan kita (Kemenag). Anggaranya itu perkiraan Rp 3,9 triliun sampai selesai, tapi bertahap pelaksanaannya.”

Untuk diketahui, Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla kembali meninjau lokasi proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di kawasan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Depok, pada Jumat 24 Januari 2020. Pada kesempatan itu, ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono bersama Menteri Agama, Fachrul Razi.

           Dihadapan awak media Jusuf Kalla mengatakan, sebagian proyek telah berjalan setahap demi setahap, sesuai rencana.

“Insya Allah ini akan menjadi kampus yang indah, yang hijau yang menampung air. Ini danaunya saja kita bikin beberapa, dan dibangun tidak lebih dari 20 persen dalam konsep modern. Karena ini 50 persen dari asing, 50 persennya kita,” katanya

Ketika disinggung akan dibangunnya Museum Rasulullah, pria yang akrab disapa JK itu mengaku, pihaknya sampai saat ini masih mempelajari konsepnya.

“Iya kita lagi pelajari betul posisinya agar tidak melanggar penghijauan. Kita sama-sama konsepnya green university.”

Saat ditanya lebih lanjut soal progres pembangunan, sayangnya JK enggan menjelaskan secara detail. Sementara itu, Menteri Agama, Fachrul Razi mengaku puas dengan kinerja proyek UIII. Namun demikian, masih ada catatan terkait dengan pembebasan lahan.

“Kita kesini lihat-lihat kesiapan UIII, dan ternyata kami semua puas dan Pak JK tadi juga sudah memberikan masukan-masukan, terutama terkait pembebasan tanah, kemudian bangunan-bangunan, dan sangat bermanfaat bagi kami semua dalam melaksanakan tugas,” katanya

Untuk diketahui, kampus tersebut berdiri di lahan seluas 142,5 hektare. Konsep pembangunan sendiri dibagi ke-dalam tiga zona. Adapun zona satu berisi gedung rektorat, masjid, perpustakan, gedung fakultas, infrastruktur, ruang terbuka hijau, echo sanctuary park.

Sedangkan zona dua diisi bangunan kampus yang megah dan zona tiga terdiri dari kawasan fakultas dan pusat kajian, di zona tersebut juga terdapat pusat peradaban seperti museum, pertunjukan seni dan budaya Islam serta gedung serba guna. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here