Begini Isi Surat Ryan Jombang Usai Duel dengan Habib Bahar

Ryan Jombang dan Habib Bahar (Istimewa)
Ryan Jombang dan Habib Bahar (Istimewa)

DepokToday- Pemicu duel Ryan Jombang dan Habib Bahar akhirnya terungkap. Penyebabnya memang masalah uang. Hal itu diketahui dari isi surat yang dituliskan secara langsung oleh Ryan.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, dalam surat pernyataannya, Ryan Jombang mengakui jika dirinyalah yang memulai permasalahan.

Ryan ngaku mencuri duit Habib Bahar. Gegara itu terjadilah duel antar keduanya. Pengakuan Ryan Jombang ini sekaligus mengklarifikasi kabar yang beredar bahwa Habib Bahar ngamuk karena ditagih duit Rp 10 juta milik Rya

Bahkan, terpidana mati yang memiliki nama lengkap Verdy Idam Hermansyah alias Ryan Jombang itu, mengakui dirinyalah yang memulai gara-gara dengan Habib Bahar.

“Fakta yang sebenarnya, saya khilaf dan mengambil uang Habib Bahar hingga memicu permasalahan ini,” ujar Ryan dalam tulisan pernyataannya dikutip dari akun @maspiyuaja, dikuti Jumat, 20 Agustus 2021.

Dalam surat itu, Ryan menegaskan masalah sudah selesai secara kekeluargaan. Habib Bahar memaafkan Ryan dan tidak akan memperpanjang masalah ini. Berikut ini isi surat lengkap Ryan:

Surat Pernyataan Ryan Jombang

Dengan ini saya meluruskan tentang berita dan kabar yang beredar di media online ataupun televisi

Bahwa sangat tidak benar bahwa Habib Bahar meminjam uang senilai 10 juta kepada saya, dan tidak pernah meminjam sama sekali.

Permasalahan ini telah diselesaikan secara damai (kekeluargaan) dan diketahui pihak Lapas.

Fakta yang sebenarnya, saya khilaf dan mengambil uang Habib Bahar hingga memicu permasalahan ini.

Dalam hal ini saya mengakui bahwa saya yang bersalah lebih dulu. Memulai permasalahan ini.

Saya dan Habib Bahar telah saling memaafkan dan sepakat tidak ada tuntutan dalam hal apapun. Baik jalur hukum atau yang lain.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Surat Ryan Jombang (Istimewa)
Surat Ryan Jombang (Istimewa)

Baca Juga: Misteri Potongan Kaki di Situ Pengarengan Depok, Ini Sosoknya

Sebelumnya Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Mujiarto memastikan, kasus penganiayaan yang diduga dilakukan Habib Bahar bin Smith terhadap Ryan Jombang telah sepenuhnya selesai.

Menurutnya, bukan Habib Bahar yang salah, melainkan Ryan.

Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji mengatakan, kliennya dihajar Habib Bahar di Lapas lantaran masalah hutang piutang.

Bahkan, Ryan sampai dirawat lantaran mengalami cedera serius di bagian wajah, tangan, dan tulang.

Imbasnya, Kasman berniat melaporkan kasus tersebut ke Mabes Polri untuk menuntut keadilan. Namun, belum juga seluruh bukti dikumpulkan, perkara yang belakangan ramai dibicarakan publik itu rupanya telah dinyatakan selesai. (rul/*)