Begini Detik-detik Longsor Timpa Enam Warga Depok

Evakuasi korban longsor di Depok (istimewa)

CINERE– Setelah lebih dari 11 jam, jenazah Amelia (27 tahun), salah satu korban yang rumahnya tertimbun longsor di Jalan Al Barokah RT 07, RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, akhirnya berhasil dievakuasi petugas pada Rabu 1 Januari 2020.

          Berdasarkan catatan pihak terkait, peristiwa itu menimpa satu keluarga. Tiga diantaranya meninggal dunia sedangkan sisanya mengalami luka serius. Mereka yang menghembuskan nafas terakhir yakni, Rusminah (68 tahun), Amelia (27 tahun) dan Nizam (8 tahun).

          Sementara korban selamat yakni, Bowo, Ade Istaqori dan M Ichsan (5 tahun) mengalami cidera. Seluruh korban telah berhasil dievakuasi petugas gabungan TNI, Polri, Damkar dan Tagana.

          “Kita semalam baru merayakan pergantian tahun dan hujan tidak berhenti sampai hari ini sehingga banyak musibah banjir dan longsor. Saat ini kami ada di Cinere dimana ada satu rumah yang terkena longsoran dan menimpa enam penghuni, tiga meninggal satu luka dan dua selamat,” kata Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah saat meninjau langsung lokasi kejadian.

          Longsor yang menimpa rumah tersebut terjadi sekira pukul 04:30 WIB. Saat itu sejumlah warga di lokasi kejadian mendengar teriakan minta tolong, setelah dicek ternyata bagian belakang rumah korban terkena longsor. “Saya turut berduka sedalam-dalamnya dan berterimakasih pada rekan-rekan yang telah mengevakuasi korban,” ujar Azis

Terkait dengan kejadian ini, Kapolres pun mengimbau warga yang berada dibantaran sungai atau tebing hendaknya tetap waspada mengingat cuaca yang saat ini cukup ekstrem. “Masyarakat harus waspada tehadap kemungkinan banjir dan longsor, dan untuk warga yang rumahnya berada di lereng tebing agar menjauh ketika hujan.” (rul/*)