Begini Cara Samsat Depok Lindungi Wajib Pajak dari Corona

Petugas cek suhu. Kebijakan ini berlaku bagi wajib pajak di kantor samsat terpusat maupun Samsat keliling di Depok (DepokToday.com)
Petugas cek suhu. Kebijakan ini berlaku bagi wajib pajak di kantor samsat terpusat maupun Samsat keliling di Depok (DepokToday.com)

SUKMAJAYA– Sama seperti di sejumlah tempat layanan publik, area kantor Samsat Depok, Jawa Barat pun tak luput dari pengamanan ekstra ketat. Petugas bahkan cukup selektif memeriksa kondisi kesehatan para wajib pajak menggunakan alat digital pendeteksi suhu tubuh.

Tak hanya itu saja, mereka yang datang ke kantor layanan pajak kendaraan itu juga diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Petugas bahkan rutin menyemprotkan cairan disenfektan di area ruang pelayanan.

Kanit Samsat Depok, Ajun Komisaris Polisi Sugihartono menuturkan, langkah ini dilakukan sesuai dengan perintah pimpinan terkait upaya penanganan dan pencegahan virus Covid-19 (corona).

“Jadi tiap WP  (wajib pajak) yang mau pelayanan kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh. Di depan pintu masuk utama ada petugas kami yang dilengkapi sarung tangan dan masker, merekalah yang melakukan cek suhu tubuh,” katanya pada Selasa 17 Maret 2020

Sugihartono mengatakan, jika nantinya ditemukan wajib pajak dengan kondisi tubuh diatas 37,5 derajat (demam), maka akan dilakukan tindakan khusus dan ditempatkan di ruangan berbeda, yang memang sengaja disiapkan untuk kondisi saat ini.

“Jadi yang bersangkutan tidak kita biarkan membaur dengan yang lainnya. Ada ruangan khusus. Itu sudah kita siapkan, nanti kita amankan disana kemudian untuk berkas, petugas kami yang akan melakukan proses hingga selesai,” jelasnya

Langkah selanjutnya, yang bersangkutan akan diarahkan ke bagian medis. “Jadi layanan tetap kami lakukan, artinya yang bersangkutan tetap bisa melakukan kewajibannya (membayar pajak), namun di ruangan khusus dan petugas kami yang akan menangani. Setelah itu kami akan berkoordinasi dengan puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.”

Pamin STNK Samsat Depok, Iptu Martha Catur Wurihandini saat memberikan hand sanitizer pada sejumlah wajib pajak (DeopkToday,Rul)

Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, beberapa petugas juga rutin menyemprotkan hand sanitizer ke sejumlah pengunjung atau wajib pajak yang datang. Salah satunya yang sangat serius memperhatikan kesehatan para wajib pajak ini adalah Pamin STNK Samsat Depok, Iptu Martha Catur Wurihandini.

Polwan cantik yang merupakan istri Wakil Wali Kota Depok itu bahkan tak bosan-bosan memberikan penyuluhan terkait pencegahan Covid-19 pada sejumlah wajib pajak yang hadir. Ia menyarankan untuk menjaga pola hidup sehat.

Berbekal masker, sarung tangan dan sebotol hand sanitizer, Martha pun rela berkeliling menghampiri sejumlah pengunjung untuk menyemprotkan cairan antiseptik tersebut. Ia tak menampik, dirinya kerap dihantui rasa cemas lantaran berhadapan langsung dengan banyak orang.

“Ini kan tugas kami. Khawatir pasti ada, tapi ini sudah jadi bagian dari pengabdian kami (polri) pada masyarakat,” katanya (rul/*)