Begini Cara Konsumsi Bawang Putih yang Tepat untuk Kontrol Gula Darah

Manfaat bawang putih (Foto: Istimewa)
Manfaat bawang putih (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kadar gula yang tinggi sangat berpengaruh kepada penderita diabetes. Karena itu, mereka harus menjaganya agar tidak timbul penyakit kronis. Nah, salah satu caranya dengan mengkonsumsi bawang putih.

Diabetes merupakan kondisi tubuh yang tidak mampu memproduksi atau merespon insulin. Sejumlah ahli gizi merekomendasikan bawang putih segar dalam diet diabetes.

Sedangkan insulin merupakan hormon yang membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Seseorang yang menderita diabetes harus segera diberikan perawatan agar tidak memicu penyakit lainnya seperti obesitas, komplikasi jantung, dan ginjal.

Tumbuhan ini juga populer dalam dunia pengobatan. Melansir dari Kontan.co id, tumbuhan ini mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan yang ada pada tumbuhan ini juga sumber mineral penting seperti fosfor, kalsium, kalium, besi, dan tembaga.

Tumbuhan ini salah satu bahan alami yang bisa membantu mengontrol gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan ini efektif meredakan peradangan dan menurunkan risiko diabetes tipe II.

Baca Juga: [Update] Sebaran Kasus COVID-19 di Kota Depok, 16 September 2021: 1.099 Aktif, 2.099 Meninggal, 101.298 Sembuh

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas menyebutkan penderita darah tinggi (tidak terkontrol) yang mengonsumsi tumbuhan ini secara rutin selama 12 minggu mengalami penurunkan tekanan darah 10 poin.

Konsumsi bawang putih untuk mengontrol diabetes Anda bisa mengonsumsi tumbuhan ini secara langsung alias mentah. Anda bisa mencampurkan bawang putih dalam salad agar lebih nyaman saat dikonsumsi. Opsi lainnya, Anda bisa mencampurkan tumbuhan ini ke dalam kaldu bayam. (lala/*)