Begini Alur Undian Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)
Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)

DepokToday-Undian babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan diadakan di Zurich, Swiss, pada hari Jumat 26 November 2021 waktu setempat.

Tiga slot Eropa untuk Piala Dunia FIFA 2022 yang tidak dialokasikan pada akhir babak penyisihan grup kompetisi pendahuluan akan diputuskan melalui turnamen play-off 12 tim.

Sepuluh runner-up dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa bergabung dengan dua tim tambahan yang dipilih berdasarkan peringkat keseluruhan UEFA Nations League 2020/21: Austria dan Republik Ceko.

Secara khusus, tempat-tempat ini diberikan kepada dua pemenang grup UEFA Nations League dengan peringkat terbaik yang tidak lolos langsung ke turnamen final sebagai juara grup kualifikasi Eropa, atau sudah memasuki babak play off sebagai runner-up grup kualifikasi Eropa.

Cara Pengundian

Enam runner-up dengan peringkat terbaik dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa dialokasikan ke Pot 1, dan akan memainkan semifinal play-off mereka di kandang. Enam tim yang tersisa akan dialokasikan ke Pot 2.

Untuk menentukan enam runner-up terbaik yang dialokasikan ke Pot 1, pertama-tama hasil runner-up grup melawan tim di tempat keenam (untuk grup dengan enam tim) dibuang dan kemudian kriteria berikut diterapkan dalam urutan yang diberikan:

A. jumlah poin yang lebih tinggi

B. unggul selisih gol

C. jumlah gol yang lebih banyak dicetak

D. jumlah gol tandang yang lebih banyak dicetak

E. jumlah kemenangan yang lebih tinggi

F. jumlah kemenangan tandang yang lebih tinggi

G. total poin disiplin yang lebih rendah hanya berdasarkan kartu kuning dan kartu merah yang diterima oleh pemain dan ofisial tim (kartu merah = tiga poin, kartu kuning = satu poin, kartu kuning untuk dua kartu kuning dalam satu pertandingan = tiga poin)

H. daftar akses untuk UEFA Nations League 2020/2021.

BACA JUGA: Belanda Segel Tiket Otomatis Terakhir Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Selain Qatar, Sembilan Tim Eropa Ini Sudah Jadi Peserta Piala Dunia 2022

Pengundian akan dimulai dengan mengalokasikan enam tim dengan peringkat terbaik, yaitu tim dari Pot 1, ke semifinal 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 masing-masing sebagai tim tuan rumah.

Tim pertama yang ditarik akan menempati posisi tuan rumah di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai pot dikosongkan.

Pengundian kemudian akan dilanjutkan untuk mengalokasikan tim dari Pot 2 ke pasangan semifinal satu per satu.

Tim pertama yang diambil dari Pot 2 akan menempati posisi tandang di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai semua pasangan semifinal ditentukan.

Semifinal 1 dan 2 berada di jalur Play-off A, semifinal 3 dan 4 membentuk jalur B dan semi final 5 dan 6 merupakan jalur C.

Untuk menentukan pemenang semifinal mana yang akan bermain di kandang di final, undian tambahan akan diadakan untuk setiap jalur.

Pertandingan semifinal play-off dihelat pada Kamis 24 Maret 2022. Untuk final play-off digelar pada Selasa 29 Maret 2022.

Piala Dunia 2022 di Qatar adalah pertama kali yang tidak diadakan pada bulan Mei, Juni atau Juli.

Turnamen di tanah Arab itu dijadwalkan berlangsung pada 21 November dan 18 Desember 2022. Undian putaran final diperkirakan akan diadakan pada April 2022.

(Sumber: UEFA)