Begini Aksi Nyentrik Polisi Ingatkan Kebiasaan Bermasker di Depok

Personil Polres Metro Depok melakukan sosialisasi bermasker di Jalan Margonda (Istimewa)

MARGONDA– Jajaran Polres Metro Depok kian gencar melakukan serangkaian aksi kemanusian guna menekan penyebaran COVID-19. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengingatkan kembali protokol kesehatan, utamanya soal kebiasaan mengenakan masker.

“Kami merasa kawatir dan prihatin terhadap kondisi warga yang terpapar COVID-19 di Kota Depok,” kata Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Azis Andriansyah pada awak media, Selasa 8 September 2020

Ia menyebut, jumlah penderita yang terus naik membuat pemerintah harus berpikir keras untuk mempersiapkan fasilitas kesehatan yang memadai guna perawatan para pasien yang terjangkit virus berbahaya itu.

Azis menilai, jika jumlah kasus terus meningkat, dikhawatirkan fasilitas kesehatan tidak lagi mampu menampung pasien yang membutuhkan perawatan

“Jika itu terjadi maka berpotensi menambah jumlah kematian.”

Mantan Kapolres Wonosobo itu mengatakan, upaya pencegahan adalah salah satu cara yang diharapkan mampu mengurangi penyebaran COVID-19.

“Kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan merupakan obat mujarab guna menghambat bahkan memutus rantai penyebaran virus ini,” tuturnya

Akan tetapi, kata Azis, pada kenyataannya masih banyak warga yang abai dan tidak mentaati anjuran protokol kesehatan yang telah seringkali diingatkan pemerintah maupun aparat.

Menurutnya, dalam hal ini pemerintah perlu mengambil langkah-langkah extra ordinary agar upaya pencegahan dapat berlangsung masif dan efektif.

“Polres Metro Depok sungguh menyadari kondisi saat ini. Sosialisasi, himbauan dan edukasi berperan penting dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.”

Selain tindakan, Azis juga kian gencar mengerahkan jajarannya untuk terus aktif dalam melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19, salah satunya dengan gerakan bermasker.

Bahkan, cara yang dilakukan seringkali didukung dengan konsep unik, seperti melibatkan komunitas kosplay dengan tema super hero atau dengan pakaian adat daerah.

Seperti yang dilakukan sejumlah personil Satuan Pembinaan Masyrakat (Binmas). Tadi pagi, mereka turun ke jalan dengan mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah seperti Sumatera Utara dan Jawa.

Aksi yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Lindan Lumban itu berlangsung di kawasan Jalan Margonda, dengan tujuan mengingatkan kembali pentingnya penggunaan masker. Cara ini dinilai efektif untuk menarik perhatian agar diingat masyarakat.

“Petugas polisi harus rela menggunakan kostum super hero seperti Spiderman, Robocop hingga tokoh-tokoh pewayangan hanya untuk memberikan imbauan maupun edukasi kepada masyarakat,” ucap Azis

Petugas menindak pelanggar yang tak mengenakan masker di wilayah Bojonggede (Istimewa)

Sedangkan di wilayah Bojonggede, hal itu dilakukan bersama dengan instansi lainnya, seperti TNI dan aparatur kelurahan maupun kecamatan. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Bojonggede, Komisaris Polisi Supriyadi, sejumlah pelanggar yang kedapatan tidak mengenakan masker dikenakan sanksi push up sebelum akhirnya diberikan masker gratis. (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here