Baru 11 Tim yang Melangkah ke 16 Besar Liga Konferensi Eropa UEFA

Gol tendangan setengah salto Tammy Abraham.(Foto: Twitter/UEFA Europa Conference League)
Gol tendangan setengah salto Tammy Abraham.(Foto: Twitter/UEFA Europa Conference League)

DepokToday-AZ Alkmaar, Kopenhagen, Gent, Feyenoord, LASK, AS Roma dan Rennes membukukan tempat di babak 16 besar Liga Konferensi Eropa UEFA 2021-2022.

Tammy Abraham mencetak dua dari empat gol kemenangan AS Roma atas Zorya di Stadion Olimpico, Jumat 26 November 2021 dini hari WIB. Dua gol lainnya masing-masing dicetak Carles Perez pada menit ke-15, dan Nicolo Zaniolo di menit 33.

“Hari ini tanggung jawab kami adalah bergerak maju dan menang. Kami melakukannya dengan baik sejak menit pertama, hasilnya memang pantas,” kata pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

Ia bahkan menyebut jika timnya bisa menang dengan skor lebih dari empat gol. “Kami seharusnya bisa mencetak tujuh gol. Mereka mungkin bukan lawan tingkat tinggi, tetapi mereka bisa menciptakan masalah… tapi kami menciptakan solusi,” katanya.

Nicolo Zaniolo melepaskan tendangan bola.(Foto: Twitter/UEFA Europa Conference League)
Nicolo Zaniolo melepaskan tendangan bola.(Foto: Twitter/UEFA Europa Conference League)

Mengenai penampilan Nicolo Zaniolo yang mencetak gol kedua untuk AS Roma, Mourinho menilai dia bermain bagus.

“Saya tidak mengharapkan apa pun darinya sendirian, tapi secara kolektif saya mendapat respons dari tim dan Nico [Zaniolo]. Saya tidak hanya menyukai permainannya, tapi juga sikapnya,” papar Mourinho.

BACA JUGA: City, PSG, Inter, Madrid & Sporting CP Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Sementara itu, Tottenham Hotspurs dikalahkan Mura di Slovenia. Tomi Horvat melepaskan gol pembuka yang luar biasa untuk tim tuan rumah, yang mencari poin pertama mereka di bagian tersebut, dan kartu merah babak pertama Ryan Sessegnon meningkatkan peluang untuk mendapat kejutan lain.

Harry Kane tampaknya telah menyelamatkan tim tamu 1-1, dan Amadej Marosa mencetak gol dramatis di menit 90+4 sehingga skor berubah 2-1 untuk kemenangan Mura.

Tottenham harus melakoni laga hidup mati di pertandingan terakhir G jika ingin lolos ke 16 besar Liga Konferensi Eropa UEFA musim ini.

Tottenham akan bertemu sang juara Grup G, Rennes, di laga pamungkas tanggal 10 Desember 2021. Seraya melihat hasil pertandingan lainnya antara Vittese vs Mura.

Berikut ini daftar lengkap 11 tim yang memastikan diri ke babak 16 besar Liga Konferensi Eropa UEFA 2021-2022:

Status Juara Grup: AZ Alkmaar (Belanda)
Kopenhagen (Denmark), Gent (BEL), Feyenoord (Belanda), LASK (Austria), dan Rennes (Prancis).

Status Runner-up: Basel (Swiss), Bodø/Glimt (Norwegia), Maccabi Tel-Aviv (Israel), Qarabag (Azerbaijan), dan AS Roma (Italia).

(tdr/Sumber: UEFA)