Banyak yang Minta Diboikot, KPI Malah Bolehkan Saipul Jamil Tampil di TV, Asalkan Begini

Saipul Jamil (Istimewa)
Saipul Jamil (Istimewa)

DepokToday – Ketua Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI, Agung Suprio, menegaskan Saipul Jamil boleh tampil di televisi asalkan untuk kepentingan edukasi, khususnya masalah seksual.

Aturan itu merujuk surat edaran KPI tentang Saipul Jamil yang dikirim ke lembaga penyiaran Indonesia. Namun, Saipul Jamil dilarang tampil jika bertujuan menghibur khalayak.

“Dia bisa tampil untuk kepentingan edukasi. Misalnya, dia hadir sebagai bahaya predator. Itu kan bisa ditampilkan seperti itu,” kata Agung dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier, Kamis, 9 September 2021.

Agung menjelaskan alasan KPI membatasi pergerakan Saipul Jamil. Salah satunya demi mengakomodasi mayoritas kepentingan publik.

“Ada yang bilang Pak, jangan matikan rejeki orang, tetapi minor, yang banyak mengecam. Ada juga penggiat HAM yang protes. Ini awalnya adalah etika dan kepatutan. Jadi kami singkirkan sementara soal HAM (hak asasi manusia), toh dia masih boleh tampil dalam konteks edukasi, jadi KPI tidak melarang, tetapi hanya membatasi,” ujar Agung.

Keputusan yang dibuat KPI untuk Saipul Jamil sempat diwarnai perdebatan internal. Masalah hak asasi manusia sempat menjadi fokus sejumlah komisaris KPI.

Baca Juga: Memaksimalkan Penanganan COVID-19, 11 Puskesmas Cari 44 Nakes

Ia menilai kasus Saipul Jamil tidak bisa disamakan dengan perkara artis yang terjerat narkoba atau tindakan asusila. Ketika merujuk referensi di negara lain, dia mengatakan residivis seksual dibatasi pergerakannya secara ketat.

“Bahkan di suatu negara dikasih alat supaya tidak melakukan hal seperti itu lagi,” tutur Agung.

Seperti diketahui Saipul Jamil menghirup udara bebas usai menjalani hukuman 8 tahun di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Kamis, 2 September 2021.

Sambutan kebebasan Saipul dinilai publik berlebihan, lantaran dirinya dikalungi bunga dan Indah Sari selaku kekasih Saipul Jamil menjemputnya menggunakan mobil Porsche merah. Animo bebasnya Saipul Jamil menuai kritik karena statusnya sebagai eks residivis seksual. (lala/*)