Banyak yang Belum Ngeh, Begini Asal Usul Nama Perkakas Kunci Inggris

Kunci Inggris (Foto: Istimewa)
Kunci Inggris (Foto: Istimewa)

DepokToday – Sebagai perkakas yang sering digunakan, nama kunci inggris atau adjustable spanner sudah tidak asing lagi didengar. Namun, tidak banyak yang tau asal usul nama perkakas ini bisa disebut seperti itu.

Namun, ternyata bukan hanya di Indonesia saja yang familiar dengan perkakas ini dengan sebutan kunci inggris. Di negara lain, seperti , negara Perancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, dan lain sebagainya sepakat menggunakan istilah English Key sebagai sebutan tak resmi dari adjustable spanner ini.

Melansir dari Gridoto, asal usul nama perkakas ini bisa menjadi kunci inggris salah satunya karena benda ini ditemukan oleh insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842.

Baca Juga: Cuaca Dingin Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Begini Saran Ahli

Nah, berhubung Indonesia dulu dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam Bahasa Indonesia jadi “kunci Inggris”.

Ya, dalam bahasa Belanda dari perkakas ini adalah engelse sleutel yang memang jika diterjemahkan menjadi nama yang sudah kita kenal selama ini.

Baca Juga: Tanda-tanda Seseorang Diganggu Jin dan Penyakit Ain

Dalam perkembangannya, kunci perkakas buata Clyburn disempurnakan lagi oleh Johan Petter Johansson dari Swedia.

Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish key”.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia yang disebut kunci inggris? Ternyata di Indonesia mengacu pada zaman penjajahan Belanda.

Di Belanda, perkakas ini berasal dari bahasa Inggris ‘English Key’. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda bernama ‘Engelse sleutel’.

Lalu penduduk Indonesia pun menyebutnya menjadi yang sering kita panggil saat ini dari zaman penjajahan Belanda. Dan nama ini dipakai hingga detik ini. (lala/*)