Banyak Rumah Tidak Layak Huni, Wali Kota Depok Gandeng TNI

Pelaksanaan TMMD (DepokToday, Rul)

Depok– Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengakui masih ada warganya yang menempati Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH. Namun yang bikin Idris aneh, angka itu terus bertambah meski pihaknya telah ribuan kali memberikan bantuan.

Hal itu diungkapkan Idris usai menghadiri peresmian Tentara Manunggal Masuk Desa atau TMMD yang berlangsung di kawasan Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, pada Rabu 2 Oktober 2019. Ketika disinggung berapa jumlah RTLH yang terdata, Idris mengatakan, hal itu masih simpang siur.

Namun ia mengaku telah menginstruksikan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda) untuk melakukan pendataan secara real terkait berapa jumlah yang RTLH yang telah direhab dan belum terbangun.

“Anehnya kita bangun setiap tahun enggak kurang dari seribu, tapi nambah lagi, nambah lagi. Aneh juga, harusnya kan berkurang,” katanya

Idris menegaskan, pihaknya ingin memperoleh data yang kongkrit dan itu sampai saat ini masih dalam proses pendataan. “Kriterianya harus jelas dan yang kita bangun harus jelas, pemeliharaan merawatnya harus jelas. Jadi terus terang sekarang datanya belum akurat,” ujarnya

Terkait hal tersebut, Idris pun mendukung penuh kegiatan TNI yang bersedia mendukung program percepatan pembangunan di Kota Depok dengan metode TMMD. Agenda ini selain difokuskan pada RTLH, tapi juga menyasar kondisi lingkungan seperti jalan dan saluran air.

“TMMD ini adalah bagaimana kita mengkampanyekan bahwa TNI bersama rakyat bisa membangun di sebuah wilayah tertentu. Di Depok kita lihat hasil survey dan kebutuhannya.”

Ia menyebut, ada beberapa titik-titik yang memang memerlukan peran TNI. “Misalnya masih banyaknya RTLH dan jalan-jalan yang belum bisa kita intervensi dan tujuannya adalah percepatan pembangunan,” tuturnya

Dengan demikian ia pun berharap, tidak adalagi wilayah yang tertinggal baik dari segi infrastruktur, kesehatan maupun pendidikan.

“Jangan sampai ada perkampungan kumuh di perkotaan. Pembangunan TMMD tidak sekedar parsial tapi komperehensif.”

Sementara itu, Komandan Kodim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan, target TMMD kali ini adalah percepatan pembangunan serta konsen pada bidang pelayanan kesehatan masyarakat.

“Ini adalah wujud nyata dari kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Dan kami bersinergi dengan baik bersama Pemda dalam rangka untuk membantu program tahunan maupun program unggulan,” ujarnya didampingi Danramil Sukmajaya, Kapten Inf Suyono

Adapun target jangka pendeknya, ialah membantu perbaikan saluran air dan jalan lingkungan. Pantauan VIVAnews melaporkan, kegiatan TMMD ini disambut antusias sejumlah warga yang hadir.

Selain akan turun langsung membantu keluhan warga, pada kegiatan ini TNI juga memberikan pengobatan massal hingga secara cuma – cuma dan membagikan kursi roda secara gratis bagi mereka yang kurang mampu. Pembukaan TMMD diawali dengan apel pasukan yang dipimpin oleh Danramil Sukmajaya Kapten Inf Suyono. (mar)