Banyak Capaian, BPN Depok Fokus Selesaikan Tunggakan Masa Lalu

Kapala BPN Kota Depok, Epy J.P (DepokToday.com)
Kapala BPN Kota Depok, Epy J.P (DepokToday.com)

DepokToday- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok mengklaim nyaris merampungkan sejumlah target strategis pekerjaan. Dari beberapa capaian tersebut, salah satunya terkait dengan proyek Tol Cijago.

“Kita sudah menyelesaikan 50 persen dari target sertifikat hak atas tanah. Lalu pengadaan tanah Tol Cijago tinggal 20 persen lagi. Sedangkan Desari on proses, karena targetnya sampai 2024. Itu target strategis pekerjaan kita baik PTSL maupun pengadaan tanah,” kata Kapala BPN Kota Depok, Epy J.P usai memperingati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang (Hantaru), pada Jumat 24 September 2021.

Selain sejumlah capaian tersebut, BPN Depok juga membentuk tim khusus untuk menyelesaikan sederet tunggakan pekerjaan yang mengendap selama empat tahun ke belakang.

“Nah kedepannya kami akan coba mengedukasi masyarakat untuk menggunakan layanan online, selain lima layanan elektronik yang dari kementrian,” ujarnya.

Baca Juga: Selain Bunuh Anggota TNI di Cimanggis, Pelaku Juga Serang Warga Sipil

Adapun layanan berbasis digital yang sedang dikembangkan BPN Depok ini adalah online service.

“Itu sudah digunakan selama masa pandemi. Jadi datang kesini sudah cepat pelayanannya. Semua sesuai SOP,” tutur Epy.

Kolaborasi Pemkot dan BPN Depok

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, pihaknya bersama BPN akan terus mendukung berbagai upaya untuk mencegah terjadinya penyelewengan atas hak tanah.

“Ini sedang dibuatkan semacam sistem dan aturan ketentuan dari BPN pusat. Ini juga menjadi dasar untuk menentukan tindakan yang Insya Allah bisa meminimalisir tindakan penyelewengan terhadap tanah atas hak tanah,” katanya.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pembunuh Anggota TNI di Depok, Ternyata Gegara Ini

Kemudian, pemerintah daerah bersama BPN sedang melakukan pendataan terkait sejumlah aset daerah yang belum termanfaatkan. (rul/*)