Bantuan Pemerintah Tak Kunjung Hadir, PKL Depok Pilih Pinjam ke Rentenir

Ilustrasi PKL Pijam Ke Rentenir. (Istimewa)
Ilustrasi PKL Pijam Ke Rentenir. (Istimewa)

DepokToday – Ketua DPD Persatuan Pedagang Kaki Lima Indonesia (PPKLI) Kota Depok Maryono menyampaikan, saat ini PKL di Depok harus putar otak untuk memenuhi kebutuhan, bahkan tidak  sedikit yang sampai harus pinjam uang ke rentenir untuk modal mereka.

Bantuan khusus kepada PKL dari pemerintah menurut dia, juga belum ada sampai saat ini, padahal PKL salah satu yang paling merasakan dampak pandemi COVID-19.

“Jujur saya kan UMK ini kan hanya dijanjikan doang, nggak ada (bantuan),” jelas Maryono belum lama dilansir Jumat 13 Agustus 2021.

Karena itu, PKL harus pinjam modal kepada mereka yang paling mudah memberikan pinjaman uang. Nah, saat ini yang paling mudah untuk meminjamkan uang sebagai modal ialah rentenir.

“Iya jadi kita ini sekarang ada yang pinjam uang ke rentenir,” sebut dia.

Selain mudah, menurut Maryono dengan PKL pinjam uang ke rentenir, bunga yang dipatok oleh mereka juga dianggap yang paling ringan. Rentenir kata dia, juga banyak memahami jika keadaan pandemi membuat PKL yang meminjam sulit untuk membayar.

Baca Juga: Hikmahanto Juwana Ungkap Risiko Ketegangan Nigeria-RI

“Dia (rentenir) kalau nagih, dibilang nggak ada, dia ngerti dia lewat, nggak marah. Tau situasi kondisi. UMK dana sudah kita minta tapi tidak belum ada sampai sekarang dari pemerintah,” papar dia.

Kondisi meminjam kepada rentenir ini sambung dia, sebetulnya sudah ada jauh sebelum pandemi melanda Depok. Hanya saja, dengan kondisi saat ini, membikin lebih banyak lagi PKL menempuh jalan tersebut.

Karena itu, dia berharap pemerintah mampu memberikan bantuan kepada PKL, atau paling tidak turun bertemu PKL untuk mengetahui apa kendala mereka. “Iya perhatian itu yang kita mau. Karena kita juga yang terdampak,” terang dia. (lala/*)