Bantah Emil Soal Varian Delta di Depok, GTPPC Sampaikan Fakta Ini

Jubir Gugus Tugas Depok, Dadang Wihana (Istimewa)

DEPOK – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPPC) membantah jika varian baru virus COVID-19 yaitu Varian Delta sudah masuk ke Kota Depok.

Hal itu disampaikan juru bicara GTPPC Kota Depok Dadang Wihana. Dia menanggapi klaim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyebutkan varian virus asal India itu sudah ada di Karawang dan Depok.

Dadang mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mencaritahu hal itu. “Kami telah mendapatkan informasi di dalam list hasil pemeriksaan. Di situ ada memang warga Depok,” jelas dia Senin 21 Jui 2021.

Setelah itu, tracing dilakukan untuk mencari keberadaan warga Depok yang terkonfirmasi positif COVID-19 varian Delta itu.

Baca juga: Sekjen Komnas PA Meninggal Akibat COVID, Ariest: Dia Orang Baik

Hasilnya, diketahui jika yang bersangkutan berada di Karawang selama dua bulan belakangan ini.

“Kami sudah cek di data kependudukan dan yang bersangkutan sedang berkerja di Karawang dan sudah dua bulan ini tidak pulang ke Depok,” ungkap Dadang.

Hingga saat ini, dia memastikan belum ada warga Depok yang terkena COVID-19 varian Delta. GTPPC Kota Depok tengah menunggu hasil pemeriksaan lab yang dilakukan kementerian. “Dari Litbangkes masih menunggu,” tegas dia.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan Varian Delta sudah masuk ke Jawa Barat. “Berita yang sangat penting, varian Delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus waspada. Virus ini, ditemukan di Karawang dan Depok berdasarkan kajian Labkesda dan ITB,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini. (lala/*)