Bangunan 2 Lantai di Depok Ludes Terbakar, Saksi Dengar Ledakan

Sebuah bangunan ludes terbakar di Jalan Dongkal, RT 04/10 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok pada Senin 25 Oktober 2021. (DepokToday.com)
Sebuah bangunan ludes terbakar di Jalan Dongkal, RT 04/10 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok pada Senin 25 Oktober 2021. (DepokToday.com)

DepokToday- Sebuah bangunan ludes terbakar di Jalan Dongkal, RT 04/10 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok pada Senin 25 Oktober 2021. Saksi menyebut, sempat mendengar suara ledakan.

Data yang dihimpun DepokToday.com menyebutkan, kebakaran terjadi sekira puku 11:25 WIB dan menghanguskan bangunan 2 lantai milik M.Nurohim.

Menurut keterangan saksi, M Iqbal, ketika dirinya sedang istirahat di lantai atas, tiba-tiba terdengar suara ledakan yang diduga berasal dari arah dapur bawah.

“Ada suara ledakan, posisinya saya nggak tahu di bawah ada orang atau nggak di rumah. Saya langsung loncat dari atas. Ledakannya sekali,” katanya.

Baca Juga: Bangunan Ahmadiyah Depok Disebut Miliki IMB, Begini Respon MUI  

Panik, saksi kemudian meminta pertolongan warga sekitar hingga akhirnya ditindaklanjuti petugas Damkar Kota Depok.

“Pas saya turun api sudah besar,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kebakaran itu menghanguskan bangunan dua lantai dan empat unit motor.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 12:30 WIB. Polisi telah melakukan pemeriksaan atas kejadian ini. Diduga ledakan terjadi akibat bocornya tabung gas. Kasusnya ditangani Polsek Cimanggis.

Kebakaran di Depok

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mencatat adanya kenaikan kasus kebakaran yang terjadi di Kota Depok dua pekan belakangan ini.

Walau tidak menyebutkan jumlah pasti berapa kenaikan kasus kebakaran di Deppok yang ada, tapi mereka meminta warga untuk selalu waspada.

Baca Juga: Gencarkan Vaksin COVID-19 di Depok, Puskesmas Panmas Sediakan 200 Kuota Perhari, Catat Waktunya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana membenarkan jika kasus kebakaran lebih banyak terjadi dua pekan terakhir. Hal itu kata dia, tidak lepas dari perawatan rutin instalasi yang tidak baik dilakukan.

Gandara membagikan cara yang paling tepat untuk menghindari rumah atau bangunan dari bahaya kebakaran.

Terpenting menurut dia, pemilik bangunan tidak boleh lupa melakukan pengecekan rutin instalasi listrik. Sebab, menurut dia, mayoritas kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik. (rul/*)