Bamus Ormas dan LSM Depok Deklarasi

Bamus Ormas dan LSM Depok foto bersama usai deklarasi.(DepokToday/Eru)

MARGONDA-Sebanyak 18 organisasi masyarakat (ormas) dan LSM se-Kota Depok mendeklarasikan terbentuknya Badan Musyawarah (Bamus), di Saung Komunitas Kampung Kita Depok (K3D), Pertigaan Jl. Margonda Raya-Juanda, Beji, Rabu (2/8/2020).

Gelaran deklarasi yang dibarengi dengan Pelantikan Badan Musyawarah Ormas dan LSM Kota Depok Masa Bakti 2020-2023 ini mengangkat tema Meningkatkan Sinergitas antara Bamus Ormas dan LSM dengan Pemerintah Kota Depok untuk Mewujudkan Kota Depok yang Ramah, Aman, dan Nyaman Untuk Semua.

Acara tersebut dihadiri Dewan Pengawas sekaligus Pendiri Bamus Ormas dan LSM Kota Depok Kombes Pol (Purn) Dramayadi, Ketua Umum Sungkowo Pudjodinomo, Kasat Binmas Polrestro Depok Kompol Lindang Lumban Tungkup Nainggolan, Kasdim 0508/Depok Letkol Inf Harry Sistiono, Kepala Kesbangpol Kota Depok Hakim Siregar dan 18 Ketua Ormas dan LSM Kota Depok.

Dramayadi mengutarakan latar belakang dibentuknya Bamus ini berdasarkan keinginan rekan-rekan Ormas dan LSM untuk bersatu.

“Sebenarnya ormas dan LSM sudah bersatu, tapi semua ingin lebih baik lagi. Bamus sudah sah dibentuk dan secara legalitas berdasarkan Kemenkumham RI tertanggal 7 Agustus 2020,” ujarnya.

Lebih lanjut diutarakannya, Bamus ke depan akan melakukan berbagai langkah, dimulai dengan menyusun langkah kerja. “Contohnya di sini, kita bisa menata area menjadi taman. Bisa jadi kita nanti akan melakukan penataan situ-situ yang ada di Depok,” tuturnya.

Selanjutnya, bersama-sama membangun Kota Depok, tidak menjadi penonton di wilayah sendiri, serta berjalan sesuai dengan aturan dan koridor yang jelas.

Ditanyai perihal Pilkada Kota Depok, Dramayadi menegaskan bahwa Bamus bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu kandidat.

“Namun di luar Bamus, ormas maupun LSM yang tergabung jika mau berpolitik bebas, sah-sah saja. Mau deklarasi atau mendukung silakan karena itu hak semua warga negara. Asalkan tetap profesional dan sesuai aturan. Untuk yang di Bamus diharapkan bersabar hati, melihat visi misinya,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan Bamus siap menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan aman dan kondusif.

“Saya optimis perhelatan pilkada akan kondusif, mengingat dua bakal calon yang akan tampil merupakan orang Depok. Kedua kandidat pastinya ingin pesta demokrasi berjalan aman dan lancar. Dan jangan sampai tim suksesnya nanti memaksakan kehendak yang bisa menimbulkan suasana kurang baik,” tuturnya.

“Keluarga besar Bamus, siapapun Walikota nya, yang penting jadikan Bamus sebagai mitra kerja yang baik dengan pemerintah, agar warga Depok mendapatkan rasa aman, rasa nyaman penuh dengan keadilan agar pembangunan segala bidang di Kota Depok dapat terwujud,” harapnya.

Sementara, Ketua Umum Bamus Ormas dan LSM Kota Depok, Sungkowo Pudjodinomo, mengucapkan rasa syukur karena Bamus Ormas dan LSM akhirnya dapat melantik para pengurus sekaligus mendeklarasikan diri.

“Bamus Ormas dan LSM Kota Depok hadir untuk mewujudkan Kota Depok yang ramah, aman dan nyaman untuk semua,” tutur Bowo, sapaan akrabnya.

(eru)