Bakal Hidup Berdampingan dengan COVID, Pemerintah Siapkan Strategi

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Kamis 22 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.
Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Kamis 22 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.

DepokToday –  Arahan bahwa masyarakat Indonesia harus bisa beradaptasi dengan COVID-19. Bahkan, masyarakat berpeluang hidup berdampingan dengan COVID dalam jangka waktu yang tidak sebentar telah diberikan Presiden Joko Widoco.

Menyiapkan hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Indonesia tengah melakukan srategi jangka panjang menghadapi COVID-19. Pemerintah selalu berhati-hati dalam mengambil setiap kebijakan dalam penanganan pandemi COVID-19 serta berupaya maksimal dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Untuk itu upaya terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjalani dinamika yang ada, ialah memaksimalkan berbagai upaya pengendalian secara paralel untuk upaya proteksi maksimal,” kata Wiku dilansir situs pemerintah covid-19.go.id, pada Jumat 13 Agustus 2021.

Kedepannya pemerintah akan senantiasa memantau kondisi COVID-19 secara aktual. Hal ini demi mengambil kebijakan yang tepat baik dalam hal penanganan kesehatan maupun pemulihan ekonomi.

Selain Indonesia, negara-negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga tengah menyiapkan panduan baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi untuk menyiapkan hidup berdampingan dengan COVID

Di kesempatan lain, dia juga mengingatkan, perubahan level suatu kabupaten/kota dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 – 4 di berbagai daerah, harusnya menjadi motivasi daerah dalam melakukan penanganan COVID-19.

Baca Juga: Heboh Baliho Arief Poyuono, Pegang Ayam Bertelanjang Dada di Depok

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito berharap bagi daerah yang turun level jangan berpuas diri dan tidak lengah karena penularan COVID-19 masih terjadi.

“Sedangkan bagi yang telah menunjukkan perkembangan yang baik, untuk tidak cepat berpuas diri melainkan konsisten melakukan pengendalian yang baik,” sebut dia. (lala/*)