Baik Dilakukan Secara Rutin, Ini 4 Manfaat Gerakan Plank untuk Tubuh

Salah satu gerakan plank. (Foto Istimewa)
Salah satu gerakan plank. (Foto Istimewa)

DepokToday – Berbagai macam olahraga bisa dilakukan di rumah, salah satunya ialah latihan plank. Ya, olahraga di masa pandemi ini memang menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara rutin.

Badan yang terus terjaga dapat menjadi pertahanan yang kuat untuk mengantisipasi virus masuk ke dalam tubuh.

Melansir dari Kompas.com, menurut ahli fisiologi olahraga Katie Lawton, MEd, latihan plank dilakukan dengan meregangkan tubuh dalam posisi lurus dan sejajar seperti papan kayu.

Dan bila dilakukan dengan benar, latihan plank bisa mengarah pada sejumlah manfaat kesehatan yang lebih banyak.

Manfaat plank

Meski plank bisa membantu mendapatkan perut six-pack, Lawton mengungkapkan bahwa latihan ini juga menawarkan banyak manfaat lainnya, termasuk:

1.Melindungi punggung

Kekuatan tubuh inti (punggung dan pinggang) penting untuk mendukung banyak aktivitas sehari-hari.

“Inti kita harus kuat untuk melindungi tulang belakang saat melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan sakit punggung,” katanya.

“Misalnya, mengangkat anak ke atas punggung atau mencondongkan tubuh ke depan saat menyapu dan mengepel lantai,” terang dia.

Baca Juga: Lebihi Target, Segini Capaian Uji Emisi Kendaraan di Kota Depok

2.Mencegah cedera terkait olahraga

Melakukan gerakan-gerakan seperti jongkok, dead lifting, dan pressing overhead membutuhkan otot inti yang kuat.

“Kita perlu menjaga tulang belakang kita tetap lurus untuk melakukan latihan ini,” jelas Lawton.

Memasukkan latihan plank dalam rutinitas sehari-hari dapat memberi kita kekuatan inti yang lebih baik supaya mampu bertahan selama gerakan-gerakan ini.

3.Memperbaiki postur

Menurut Lawton, menggabungkan latihan plank dengan metode memory muscle atau membuat otot mengingat gerakan yang dilakukan secara berulang dapat berkontribusi dalam memperbaiki postur tubuh kita.

“Jika kita ingat untuk menguatkan inti sepanjang hari, itu dapat membantu menjaga punggung bawah kita tetap pada posisi di mana kita berdiri atau duduk lebih tegak,” ujarnya.

4.Meningkatkan kesehatan mental

“Olahraga dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental kita,” kata Lawton.

Menurut dia, ketika kita melihat diri kita semakin kuat, itu bisa membesarkan hati. Penting juga untuk bernafas saat melakukan plank untuk lebih melibatkan otot inti kita.

Di sisi lain, beberapa teknik pernapasan juga dapat membantu meningkatkan suasana hati kita.

Cara melakukan plank

Untuk melakukan latihan plank tradisional, ambil posisi push-up dan tahan dengan tubuh terangkat dari tanah. Untuk posisi yang tepat, pastikan agar:

• Siku berada tepat di bawah bahu.

• Otot bokong terlibat dengan sedikit memiringkan panggul ke depan.

• Membuat inti kencang dengan menahan otot perut.

• Punggung dan bokong lurus, tidak kendur atau mencuat ke atas

(lala/*)