Baik Banget.. 1.400 Tabung Oksigen Dikirim Sahabat Kang Emil dari Singapura Pakai Pesawat Carter

Kelangkaan oksigen medis di Depok (DepokToday.com)
Kelangkaan oksigen medis di Depok (DepokToday.com)

DEPOK – Pemerintah terus berupaya untuk menyediakan tabung oksigen yang belakangan langka. Seperti halnya yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru saja kedatangan tabung oksigen untuk pasien isoman.

Seperti dikutip dari akun Instagram Ridwan Kamil, tabung oksigen terus berdatangan dan dibagikan secara bertahap kepada warga Jawa Barat.

Menurut dia, tabung mulai secara bertahap dibagikan setelah kebutuhan rumah sakit terpenuhi dengan manajemen yang Iebih baik. “Provinsi Jawa Barat memiliki posko oksigen provinsi dan dikirim ke posko oksigen kota atau kabupaten sehingga RS bisa mengakses Iebih mudah,” sebut dia dalam akun Instagramnya.

Kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini, semua dapat terwujud berkat bantuan semua pihak. Termasuk bantuan dari sahabatnya di Singapura yang secara sukarela mengirimkan 1.400 tabung.

“Termasuk dari sahabat saya orang Singapura yang menyumbangkan 1400 tabung oksigen dan diterbangkan dengan pesawat charter khusus untuk warga Jawa Barat,” ungkap Emil.

“Kebaikan lintas batas dari sahabat, yang namanya tidak mau disebutkan, inilah yang membuat sebagian tabung bisa dipinjamkan kepada warga Jawa Barat, setelah kebutuhan RS tercukupi,” kata dia.

Sementara itu, untuk warga yang membutuhkan menurut dia, sementara sebelum ada sistem di aplikasi Pikobar silakan untuk mengontak @jabarquickresponse.

Bantuan Tabung Oksigen Terus Berdatangan

Sementara itu, sebanyak 700 tabung oksigen disalurkan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat dan PT Abyro Multitecno Cemerlang, kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada Rabu 14 Juli 2021.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Adanya bantuan ini membuat Ridwan Kamil langsung mendistribusikan ke posko oksigen kabupaten/kota di Jawa Barat.

Baca juga: Pemprov Jabar Mudahkan Masyarakat Cari Oksigen Lewat Aplikasi

Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya memenuhi kebutuhan tabung oksigen. Terutama di rumah sakit dengan salah satu cara ialah menugaskan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Jasa Sarana dan PT Migas Hulu Jabar, untuk memastikan distribusi oksigen berjalan baik.

“Pembagian tugas kami lakukan di Pemda Provinsi Jabar. Kami menugaskan dua BUMD, PT Jasa Sarana, kedua yang memiliki tempat ini PT Migas Hulu Jabar untuk mengurusi A sampai Z supply-demand oksigen di Jawa Barat,” sebut dia seperti dikutip dari pikiran Rakyat.

Selain itu, kata dia, ada sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Pertamina, dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, yang berkomitmen menyalurkan oksigen ke Jawa Barat termasuk bantuan berupa 1.500 tabung oksigen dari Singapura. (lala/*)