Bahaya, Jangan Langsung Rebahan Setelah Makan, Begini Akibatnya

ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)
ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

DepokToday – Rebahan setelah makan jadi kebiasaan sebagian orang. Nah, rasa nyaman saat rebahan ini bisa membuat seseorang jadi mager alias malas gerak.

Karena kebiasaan ini, makanan yang seharusnya bisa dicerna dengan baik jadi terhambat karena posisi tubuh berbaring.

Saat bagian perut dalam keadaan telentang, maka sistem pencernaan akan menjadi lebih lambat dan itulah yang bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Melansir dari Mayo Clinic sebuah riset yang dilakukan mengungkap bahwa refluks asam bereaksi, maka mampu membuat perut terasa terbakar, mulas, dan membuat tidur jadi tidak nyenyak.

Nah, makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti burger maupun steak, dapat menurunkan dan memperlambat sistem pencernaan sehingga tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencernanya.

Baca Juga: Innalillahi, Temuan Mayat Lelaki di Pinggir Sungai Ciliwung Gegerkan Warga, Kondisinya Begini

Dampak buruk lainnya rebahan setelah makan bisa membuat berat badan naik drastis. Jadi, sebaiknya, setelah makan jangan langsung berbaring, tunggu beberapa jam supaya proses pencernaan enggak terganggu.

Sebuah studi Gastroenterol Am Journal 2005, menyarankan untuk menunggu minimal tiga jam setelah makan sebelum seseorang berbaring atau rebahan.

Dalam jangka waktu tersebut, makanan bisa diproses dengan baik dan sistem pencernaan jadi enggak terganggu. Selain itu, menunggu tiga jam setelah makan juga bisa mengurangi risiko maag atau GERD. (lala/*)