Bahaya, Jangan Lagi Tidur dengan Kamar Terbuka, Risikonya Besar

ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)
ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

DepokToday – Mulai saat ini sebaikanya jangan lagi tidur dengan kamar terbuka, khususnya pada malam hari. Sebab, berdasarkan penelitian, tidur dengan kamar tertutup memiliki manfaat lebih kecil terkena risiko parah ketika kebakaran.

Tidur dengan kamar tertutup dapat meningkatkan peluang untuk selamat dari kebakaran. Dilansir dari Kompas.com, sejumlah peneliti melakukan penelitian tentang hal ini.

Dalam survei yang dilakukan Underwriter Laboratories Firefighter Safety Research Institute (UL FSRI), para peneliti menganalisis bagaimana jendela dan pintu terbuka versus tertutup memengaruhi seberapa cepat api menyebar ke seluruh rumah.

Pintu kamar tidur yang tertutup memperlambat kebakaran menurut penelitian karena saat api menyebar, ruangan atau kamar dengan pintu tertutup akan mempertahankan suhu di bawah 38 derajat celcius.

Sementara itu, ruangan atau kamar dengan pintu terbuka bisa menghasilkan suhu lebih dari 500 derajat celcius. Jadi, peneliti berkesimpulan tidur dengan kamar terbuka lebih berisiko ketika terjadi kebakaran.

Baca Juga: Heboh Satpol PP Hapus Mural ‘Tuhan Aku Lapar’, Pejabat Depok: Bikin Resah

Perbedaan suhu tersebut bisa berarti perbedaan antara hidup dan mati. Inilah mengapa menutup pintu kamar tidur sangat penting untuk keselamatanmu jika terjadi kebakaran rumah.

Api membutuhkan oksigen untuk terus menyala. Dengan menutup pintu kamar tidur, kamu secara tidak langsung memutus suplai oksigen dan membantu memadamkan api.

Hal ini mungkin terasa berlawanan dengan intuisi sebagian orang yang berpikir bahwa membuka pintu akan membantu mengeluarkan asap.

Dengan menutup pintu, ini membuat api dan asap tetap terkendali. Akibatnya, kamu dan penghuni lain akan memiliki lebih banyak waktu untuk melarikan diri dengan aman.

Petugas pemadam kebakaran pun akan memiliki lebih banyak waktu untuk merespons dan menyelamatkanmu dan hunianmu. (lala/*)