Bangga, Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Wajib Tentara di Negara Ini, Hingga Diperdengarkan di Luar Angkasa

Bendara Merah Putih. (Foto: Istimewa)
Bendara Merah Putih. (Foto: Istimewa)

DepokToday– Tidak hanya menjadi bahasa wajib nasional, Bahasa Indonesia yang ditetapkan pada 18 Agustus 1945 sebagai bahasa negara kita, juga dipakai sejumlah negara lain.

Negara lain yang menggunakan bahasa nasional juga tidak sedikit. Sebelum sampai ke pembahasan negara lain yang menggunakan bahasa kita, perlu diketahui, bahasa resmi bangsa kita ini sudah menghiasi perjalanan sejarah nasional.

Bermula dari lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Dalam poin ketiga bertuliskan, “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Pada tanggal 18 Agustus 1945 bahasa nasional ditetapkan sebagai alat komunikasi negara. Bahkan bahasa kita banyak dipelajari bangsa lain.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat bahasa kita digunakan dan dipelajari oleh banyak negara. Per Juli 2021 tercatat sudah ada 30 negara yang menggunakan bahasa kita.

Selain itu terdapat 76 lembaga dan 7.638 oran-orang di berbagai negara yang mempelajari bahasa kita

Salah satu negara yang menggunakan bahasa kita sebagai bahasa resmi setelah bahasa utamanya adalah Vietnam. Hal ini dilakukan Vietnam untuk meningkatkan studi bahasa kita dan menjaga hubungan bilateral dengan negara kita.

Baca Juga: Usaha Berunding Gagal, Anggota Partai Ummat Depok Tolak Isi Formulir Pendaftaran

Vietnam mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua pada Desember 2007. Penggunaan Bahasa Indonesia di Vietnam sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang di negeri itu.

Lebih lanjut, bahasa kita juga menjadi salah satu bahasa wajib yang digunakan untuk Tentara Kamboja. Selain itu, bahasa  kita juga pernah diperdengarkan di luar angkasa pada 1977. Melalui rekaman piring hitam Satelit Voyager (NASA), bahasa kita diperdengarkan di luar angkasa. (lala/*)