Heboh Baginda Kerajaan Angling Dharma Bangun Puluhan Rumah Warga Miskin, Begini Tanggapan Bupati

Pemimpin kerajaan angling dharma. (Foto: Istimewa)
Pemimpin kerajaan angling dharma. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kerajaan Sunda Empire dengan petingginya yang kontroversial, Rangga Sasana pernah membuat heboh Indonesia, kini muncul kembali kerajaan Kerajaan Angling Dharma di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kabar munculnya Kerajaan tersebut menghebohkan warga Pandeglang. Berdasarkan informasi yang didapat, kerajaan ini dipimpin oleh seorang pria yang dipanggil pengikutnya, Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus. Salah seorang pengikut kerajaan ini mengaku rajanya sering membantu masyarakat yang tidak mampu.

Dilansir dari tvonenews.com, Para pengikut meyakini raja mereka, Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus, memiliki ikatan atau keturunan dari berbagai kerajaan dan kesultanan di Indonesia.

Sementara itu Bupati Pandeglang, Irna Narulita menganggap kemunculan kerajaan Angling Dharma sebagai bentuk halusinasi.

Baca Juga: Nggak Ada Hujan Tapi Depok Banjir, Warga: Pak Wali Kota Bagaimana Ini?

Menurut Irna pemahaman sang raja, Baginda Sultan Iskandar Jabarudin Firdaus dan para pengikutnya perlu diluruskan dengan melakukan pembinaan dan juga peningkatan SDM.

Namun, seorang pengikut kerajaan ini, Asmar Jamil, dirinya tidak terima jika Kerajaan Angling Dharma merupakan halusinasi saja. Menurutnya, narasi-narasi di media terlalu berlebihan.

Baca Juga: Mulai Sekarang Tinggalkan 8 Kebiasaan yang Bikin Perut Buncit Ini

Sementara itu, dilansir dari Tribunnews.com, pemimpin kerajaan itu, bahkan sudah membangun 30 rumah tidak layak huni sejak 2019.

Rumah yang dibangun tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Jamil menuturkan, rumah itu dibangun atas inisiasi Jamaludin.

Puluhan rumah tersebut dibangun sebagian besar dananya dari kantong pribadi. Sementara sisanya merupakan bantuan dari para santri yang menyumbang material hingga uang. (lala/*)