Babak Kualifikasi Ketiga Liga Champions UEFA Diundi Besok

Bola undian Liga Champions.(Foto: UEFA)
Bola undian Liga Champions.(Foto: UEFA)

NYON—Undian babak kualifikasi ketiga Liga Champions UEFA disiarkan pada Senin, 19 Juli 2021, pukul 12:00 waktu setempat di Nyon, Swiss.

Sebanyak tujuh tim memasuki kompetisi di babak kualifikasi ketiga, dengan 13 tim lainnya maju dari babak kualifikasi kedua. Untuk tim mana saja yang berlaga, akan dikonfirmasi pada waktunya.

Cara Kerja Undian

Akan ada dua hasil imbang: satu untuk 12 tim di jalur Champions, yang lain untuk delapan tim di jalur Liga. Pengundian akan mencakup beberapa tim yang ambil bagian dalam babak kualifikasi kedua pada 20/21 & 27/28 Juli 2021.

Koefisien yang lebih tinggi dari dua klub yang terlibat dalam seri yang belum diputuskan digunakan untuk tujuan pengundian.

DIBACA JUGA: Kai Havertz Antarkan Chelsea Juara Liga Champions 2021

Tim dalam setiap undian dibagi rata antara tim unggulan dan non unggulan sesuai dengan peringkat koefisien klub.

Bola yang berisi nama tim unggulan akan ditempatkan di satu mangkuk dan bola yang berisi sisi yang tidak diunggulkan, akan dimasukkan ke dalam mangkuk lain.

Satu bola akan diambil dari masing-masing mangkuk dan ditempatkan di mangkuk kosong besar di tengah, di mana mereka akan dikocok. Tim pertama yang ditarik akan memainkan leg pertama di kandang.

DIBACA JUGA: Chelsea Tantang Manchester City di Final Liga Champions

Administrasi UEFA dapat membentuk grup untuk pengundian sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Komite Kompetisi Klub.

Klub dari asosiasi yang sama tidak dapat ditarik satu sama lain. Seperti yang diputuskan oleh Komite Eksekutif UEFA, tim dari Ukraina dan Rusia tidak boleh diundi bersama. Batasan lainnya akan diumumkan sebelum upacara pengundian.

Kapan Bertanding?

Pertandingan berlangsung pada 3/4 dan 10 Agustus 2021, dengan perpanjangan waktu dan adu penalti jika diperlukan setelah leg kedua. Pemenang akan melaju ke babak play-off Liga Champions UEFA (diundi pada 2 Agustus 2021).

Liga Champions UEFA.(Foto: Istimewa)
Liga Champions UEFA.(Foto: Istimewa)

Kualifikasi dijelaskan sisi yang kalah di jalur liga pindah ke babak penyisihan grup Liga Eropa UEFA. Tim yang kalah di jalur juara memasuki babak play-off Liga Eropa UEFA, dari mana pemenang mencapai babak grup Liga Eropa UEFA dan yang kalah ditransfer ke babak grup Liga Konferensi Eropa UEFA.

Itu berarti setiap tim yang terlibat dalam undian hari Senin besok akan bermain di babak penyisihan grup salah satu dari tiga kompetisi.

Aturan Khusus COVID

Harap perhatikan aturan khusus yang berlaku untuk fase kualifikasi dan play-off kompetisi karena COVID-19. Ini berlaku bagi penggemar perjalanan yang diizinkan mengikuti pertandingan.

(Sumber: uefa.com)