Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 Dimulai, Wales Menantang Denmark

Pertandingan pembuka babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales melawan Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari situs resmi UEFA)
Pertandingan pembuka babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales melawan Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari situs resmi UEFA)

AMSTERDAM—Usai libur dua hari pasca rampungnya babak penyisihan grup, Piala Eropa 2020 kembali bergulir dengan episode babak 16 besar yang dimulai malam ini WIB.

Wales melawan Denmark menjadi pertandingan pembuka babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kedua tim akan bertarung untuk lolos ke babak perempat final di Johan Cruifjj Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu 26 Juni 2021 pukul 23:00 WIB.

DIBACA JUGA: Babak 16 Besar Piala Eropa 2020, Lihat Disini Tim dan Jadwal Lengkapnya

Wales kembali meneruskan tren lolos ke babak gugur Piala Eropa. Kenangan manis Wales yang mampu menembus semifinal Piala Eropa 2016, ingin ditumbuhkan kembali ketika mereka bersua Denmark.

Denmark yang notabene tuan rumah bersama Piala Eropa 2020, menjadi ujian kedua Gareth Bale dkk agar tetap bertahan di turnamen edisi ke-16 ini.

Hanya menelan satu kekalahan dari Italia, kemudian menang atas Turki, dan main imbang dengan Swiss di babak penyisihan grup, adalah gambaran kekuatan Wales di Piala Eropa 2020.

Skuat Wales di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)
Skuat Wales di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)

Pelatih Wales, Rob Page, tetap ambisius dapat memenangkan pertandingan nanti. Ia mengatakan, timnya akan semaksimal mungkin agar tidak pulang lebih awal dari kompetisi ini.

“Kami semua ambisius dan kami ingin melangkah sejauh yang kami bisa, tetapi kami tidak naif untuk memasuki pertandingan ini,” beber Rob Page dilansir uefa.com.

Mengenai lawan mereka (Denmark—red), Rob Page mengaku sudah mempelajari permainan mereka.

“Kami telah menyaksikan Denmark bermain di pertandingan terakhir mereka, dan Anda tidak bisa menjadi apa pun selain terkesan dengan apa yang mereka lakukan. Kami juga tahu bahwa, pada hari kami, kami dapat memberikan permainan yang bagus kepada siapa pun,” tegas Rob Page.

Asa Tuan Rumah

Denmark lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dengan ajaib. Setelah menderita kekalahan dalam dua pertandingan Grup B, Denmark membuat kejutan di laga terakhir. Denmark mengalahkan tim sesama tuan rumah, Rusia, dengan skor telak 4-1.

DIBACA JUGA: Inilah Nama Bola yang Dipakai pada Pertandingan Piala Eropa 1968—2020

Kemenangan itu meloloskan Denmark ke babak 16 besar mendampingi Belgia yang menjadi juara Grup B. Raihan poin tiga menyingkirkan Finlandia dan Rusia yang sama-sama berpoin tiga.

Momentum itulah kemudian menjadi asa sang tuan rumah di babak 16 besar menghadapi Wales, pertandingan pertama Denmark di Piala Eropa 2020 yang jauh dari markas mereka, Stadion Parken.

Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020
Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Persiapan matang pun sudah dilakukan Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand. Ini berarti, Denmark sudah siap 100 persen meladeni Wales di tempat netral, Amsterdam, Belanda.

“Kami telah mempersiapkan diri dengan baik dan merasa benar-benar siap untuk semua skenario. Secara keseluruhan, kami telah mempersiapkan diri dengan baik dan menantikannya,” singkat Hjulmand.

(tdr/*)