Awasi Papan Reklame Nakal, BKD Depok Pasang Alat Canggih Ini

BKD Kota Depok memasang RFID pada sejumlah reklame di Jalan Raya Margonda dan Juanda, Rabu 15 September 2021. FOTO: Dok. Diskominfo Depok
BKD Kota Depok memasang RFID pada sejumlah reklame di Jalan Raya Margonda dan Juanda, Rabu 15 September 2021. FOTO: Dok. Diskominfo Depok

DepokToday – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok bakal memperketat pengawasan pemasangan papan reklame baik berbentuk digital maupun konvensional.

Pengawasan itu dilakukan dengan memasang alat Radio Frequency Identification (RFID) pada tiap-tiap papan reklame yang bertebaran di Kota Depok.

“Saat ini, kami sedang fokus pemasangan RFID di Margonda dan Juanda yang terdapat banyak reklame – reklame besar di pinggir jalan raya,” kata Kepala Bidang I BKD Kota Depok, Yuli Puspita Anggraini seperti dikutip laman resmi Pemkot Depok, Kamis 16 September 2021.

Yuli mengatakan, dipilihnya jalan Margonda dan Juanda sebagai titik awal pemasangan RFID itu juga diharapkan bisa diikuti dengan wilayah lain yang juga banyak berdiri papan reklame.

“Selanjutnya, nanti juga akan dipasang reklame di daerah lainnya juga. Seperti, reklame yang terdapat di toko- toko besar,” kata Yuli.

Baca Juga: Kejar Target PBB Depok, BKD Gratiskan Denda dan Jemput Bola

Yuli mengatakan, RFID ini akan membantu petugas pengawas melakukan pengecekan kepada tiap-tiap papan reklame, sehingga dapat segera dilakukan tindakan cepat.

“Jadi petugas di lapangan, dapat melihat langsung data reklame tersebut melalui alat RFID ini, tanpa harus membuka sistem di kantor. Ini sangat mempermudah kami dalam melakukan pengawasan,” kata Yuli.

Dalam prakteknya, alat RFID akan terbagi dalam dua jenis yaitu tag metal dan tag kertas. “Tag metal digunakan untuk reklame billboard, videotron, neonbox. Sedangkan tag kertas digunakan untuk baliho,” ungkapnya.

Yuli mengatakan, pemasangan RFID ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan yang dimulai pada 15 dan berakhir pada 25 September 2021 dengan target 90 tag RFID terpasang.

“Kami menargetkan 90 Tag RFID terpasang. Dalam satu hari, kami memasang RFID di sembilan titik, sekitar 10 hari ke depan, target ini akan terpenuhi,” jelasnya. (ade/*)