Australia Kirim 1.000 Ventilator untuk Indonesia, Negara Lain Ngasih Ini

Bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Australia berupa 1.000 ventilator untuk Indonesia (Istimewa)
Bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Australia berupa 1.000 ventilator untuk Indonesia (Istimewa)

JAKARTA- Pemerintah Australia telah memberikan alat kesehatan di antaranya berupa ventilator sebanyak 1.000 unit untuk Indonesia. Bantuan tersebut tiba di Tanah Air pada Jumat malam, 9 Juli 2021.

Dilansir dari kemlu.go.id, dukungan ini adalah wujud kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Indonesia dan Australia sebagai negara sahabat dan mitra strategis komprehensif.

Baca Juga: Saingi BTS, Batik Indonesia Tembus Pasar Digital Korea Selatan

Selain ventilator, Australia juga akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin, oxygen concentrator, tabung oksigen, test kit antigen, dan alat-alat kesehatan lainnya secara bertahap.

Bukan cuma Australia, beberapa negara sahabat lainnya juga telah menawarkan dukungan kepada Indonesia, seperti Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, UAE, India, RRT dan entitas internasional lainnya.

Beberapa hari lalu, sebagian dukungan kerja sama dari Singapura juga telah tiba berupa ventilator, tabung oksigen, dan alat-alat kesehatan lainnya.

Selain itu, telah tiba pula sebagian oxygen concentrator pembelian  dari Singapura.

Kerja sama dan kolaborasi adalah kunci dalam menghadapi perkembangan kenaikan kasus dan kematian COVID-19 yang terjadi di berbagai kawasan dunia akibat varian baru ini.

Australia dan Singapura Dorong Bantuan

Sebelumnya, Singapura juga telah menunjukkan kembali hubungan baiknya dengan memberikan bantuan bagi penanganan COVID-19 di Indonesia.

Bantuan itu terdiri dari peralatan kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, tabung oksigen, serta masker medis serta alat pelindung diri.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan menyerahkan bantuan Pemerintah Singapura kepada Duta Besar RI untuk Singapura, Suryo Pratomo, di Paya Lebar Air Base Singapura pada Jumat 9 Juli 2021.

Bantuan yang dikirim dengan dua tahap pengiriman secara detail terdiri dari 200 ventilator, 756 tabung oksigen cylinder, 600 oxygen concentrators dan beragam kebutuhan APD.

Serah terima tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pertahanan Singapura dan Singapore Armed Force (SAF). (rul/*)