Apresiasi Kinerja TNI Polri, La Nyalla: Pemda Jangan Tutup Mata

Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti meninjau pelaksanaan vaksinasi di Maharaja, Depok. (DepokToday.com)
Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti meninjau pelaksanaan vaksinasi di Maharaja, Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Ketua Dewan Perwailan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi langkah cepat TNI, Polri, dan sejumlah lapisan masyarakat yang telah melakukan upaya percepatan vaksinasi nasional guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Namun disisi lain, ia menyinggung kinerja pemerintah daerah yang kurang maksimal dalam pelaksanaan di lapangan.

“Saya berharap, itu (vaksinasi) ujung tombaknya itu kan pemerintah daerah, ya mudah-mudahan dengan adanya gerakan dari TNI Polri dan masyarakat, saya berharap pemerintah daerah tidak tutup mata, harus bergerak juga melaksanakan,” katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Perumahan Maharaja, Pancoran Mas, Depok, pada Minggu, 8 Agustus 2021.

Terkait hal itu, La Nyalla mengapresiasi kinerja TNI Polri yang terlibat aktif dalam pelaksanaan vaksinasi.

Termasuk ketetrlibatan masyarakat, salah satunya, kata dia, seperti yang dilakukan Amar, warga sipil yang membuka gerai vaksinasi di Maharaja ini.

Dalam kesempatan itu, La Nyalla yang hadir bersama Ketua PBNU Marsudi Syuhud, juga memberikan penghargaan pada sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi di Maharaja, Depok.

“Mudah-mudahan kerja mereka ini amal ibadah yang banyak membantu masyarakat,” tuturnya.

Vaksinasi di Perumahan Maharaja, Depok. (DepokToday.com)
Vaksinasi di Perumahan Maharaja, Depok. (DepokToday.com)

La Nyalla berharap, kegiatan ini tetap berlanjut.

“Ini sangat sukses, teratur dan sangat rapih, padahal tempatnya kecil, tapi alhamdulillah dalam tiga jam bisa sampai 500 orang yang tervaksin. Kalau tenaga kerjanya lebih banyak saya rasa lebih bagus. Dan ini semua saya liat kerjasama TNI Polri ya,dan kerjasama masyarakat di wakili Mas Amar.”

La Nyalla dan Aturan Agama

Jika hal ini terus digencarkan, menurutnya target Presiden RI Jokowi soal terbentuknya kekebalan kelompok pada Agustus bisa tercapai.

“Mudah-mudahan asal bergerak semua. Jangan sendiri-sendiri. Ini TNI Polri dan masyarakat sudah bagus, apalagi ditambah dengan pemerintah daerah saya yakin bisa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud mengatakan, menurut pandangan agama, menjaga jiwa itu wajib.

“Dan saya datang ke sini untuk mengapresiasi seluruh masyarakat, relawan, Pak Kapolri, Pak Panglima yang bekerjasama dengan NU dan MUI, itu nyata, dan ini salah satunya di sini,” katanya.

Baca Juga: [Update] BOR Rumah Sakit di Kota Depok, Sabtu 7 Agustus 2021, Tersedia 567 Bed

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum MUI itu menegaskan, vaksin dalah salah stau ikhtiar bangsa yang wajib dilakukan demi keamanan bersama. Karena itulah, menurutnya tak perlu lagi ada keraguan.

“Menjaga jiwa adalah tujuan, syariah yang paling utama.Saya harapkan Pemda, Pak Camat, Pak lurah, Pak RT, Pak RW mensuport ini,” tuturnya.

“Karena ini kewajiban agama yang dituangkan dalam aturan-aturann, menyatukan antara hukum agama dengan aturan. Baik perdanya, baik Perpresnya, baik undang-undangnya untuk menjaga jiwa,” timpalnya lagi. (rul/*)