Aparat Halau Simpatisan Habib Rizieq di Perbatasan Depok-Jakarta

Aparat TNI-Polri melakukan pemeriksaan di sejumlah angkutan umum (Istimewa)

SUKMAJAYA- Aparat TNI-Polri melakukan penyekatan di sejumlah daerah untuk mengantisipasi pergerakan simpatisan Habib Rizieq Shihab terkait sidang lanjutan yang digelar di Jakarta Timur, pada Selasa 30 Maret 2021.

Adapun salah satu  wilayah yang jadi fokus pengamanan yakni Jalan Raya Jakarta-Bogor, kawasan Depok.

“Hari ini kita lakukan penyekatan massa sasarnnya kalau ada simpatisan yang mau ikut sidang kita imbau untuk kembali, mengingat saat ini masih pandemi kita arahkan agar tidak terjadi kerumunan,” ucap Kapolsek Sukmajaya, Ajun Komisaris Polisi Syafri Wasdar saat memimpin operasi penyekatan di simpang Depok, Jalan Raya Jakarta-Bogor.

Baca Juga: Polres Metro Depok Tetapkan Status Siaga Usai Bom Makassar   

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, sejumlah personil TNI-Polri sempat memeriksa penumpang yang berada di dalam angkutan umum, seperti bus antar kota dan angkutan barang.

Satu persatu penumpang diperiksa dan ditanya tujuan keberangkatan. Tak hanya itu saja, petugas juga sempat melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan pembagian masker gratis pada pengguna angkutan umum tersebut.

Namun demikian, hingga berita ini diturunkan petugas tidak mendapati adanya massa simpatisan Habib Rizieq. Terkait hal itu, Syafri pun mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi manakala ada simpatisan, kita harap jangan sampai datang ke pengadilan mengingat ini masih situasi pandemi COVID-19,” katanya didampingi Danramil Sukmajaya Kapten Inf Suyono

Petugas melakukan pemeriksaan protokol kesehatan pada sejumlah penumpang angkutan umum (Istimewa)

Syafri menambahkan, operasi ini juga sekaligus untuk mengantisipasi adanya benda-benda mencurigakan yang dibawa penumpang. Hal ini dilakukan terkait dengan kesiap siagaan usai terjadinya aksi bom bunuh diri di Makassar, beberapa hari lalu.

“Tas kita cek untuk atisipasi kejedian kemarin (bom di Makassar), kita antisipasi kalau ada hal-hal yang mencurigakan,” ucap Syafri.

Untuk diketahui, terdakwa kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, dan Megamendung, Bogor, Habib Rizieq Shihab telah membacakan eksepsi. Sidang selanjutnya beragendakan tanggapan jaksa penuntut umum atas eksepsi pada hari ini. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here