Anggota KKB Tewas Saat Lawan TNI, Begini Kronologinya

Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Foto: Istimewa)

DepokToday- TNI kembali terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam peristiwa itu, seorang anggota dari kelompok yang dicap sparatis tersebut tewas.

Melansir CNNIndonesia, kontak senjata antara TNI dan KKB terjadi pada Minggu 14 November 2021. Satu anggota KKB, bernama Selon Songonau dilaporkan tewas dalam perang tersebut.

Hal itu diungkapkan Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gastoro dikutip dari Antara pada Rabu, 17 November 2021.

Baca Juga: Sejumlah Pedagang Depok Kena Tipu Modus Jual Minyak Murah

Dalam keterangannya ia menyebut, saat kontak senjata di Kampung Wandoga, Distrik Sugapa, tidak ada anggota TNI yang terluka. Korban justru jatuh dari kelompok KKB, bernama Selon Songonau.

Menurut informasi yang diterima Taufan, pemakaman Selon dihadiri tokoh agama dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Depok Hari Ini, Rabu 17 November 2021

TNI Bantah Posnya Dibakar KKB

Lebih lanjut ketika ditanya tentang pembakaran Pos TNI seperti yang diungkap KSB melalui laman TPNPB, Taufan membantahnya. Ia memastikan bahwa berita itu tidak benar alias hoaks. “Tidak ada Pos TNI yang dibakar,” jelas Taufan.

Ia menegaskan, bahwa pos saat ini tidak lagi digunakan karena dipindahkan ke lokasi yang relatif lebih mudah baik untuk menjangkau maupun lainnya.

Taufan menyebut, situasi di Sugapa secara keseluruhan relatif aman, aktivitas masyarakat pun mulai normal. “Namun, prajurit tetap bersiaga,” ujarnya. (rul/*)