Anggaran Hibah DKI Cair, Pemkot Depok Benahi Situ Jadi Objek Wisata

Revitalisasi Situ Rawa Besar, Depok (DepokToday,Rul)

PANMAS– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggelontorkan dana hibah untuk sejumlah wilayah penyanggah sebagai upaya mengantisipasi banjir di Ibu Kota. Salah satunya ialah revitalisasi Situ Rawa Besar, di wilayah Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Pantauan melaporkan, proyek terkait hal itu mulai dikerjakan dengan tahapan awal ialah pembongkaran sejumlah bangunan liar yang berada dibantaran situ tersebut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Denny Setiawan mengungkapkan, untuk Situ Rawa Besar, proyek pengerjaan terbagi atas dua sesi dengan jumlah anggaran mencapai lebih dari Rp 9 miliar.

“Jadi disini ada kgiatan normalisasi Situ Rawa Besar kemudian penataan Situ Rawa Besar,” ujarnya di lokasi proyek tersebut, Senin 18 November 2019

Denny menjelaskan, di situ atau danau ini telah terjadi pedangkalan yang menyebabkan fungsi situ tidak berfungsi secara maksimal terlebih saat musim hujan tiba. Hal ini lah yang meneyebakan terjadinya banjir.

“Dengan pengerukan minimal daya tampung air lebih dalam. Banjir kan akibat daya tampung air yang berkurang,” katanya

Kemudian, kata Denny, di lokasi tersebut akan dilakukan penataan seperti jogging track dan pemasangan lampu bertenaga surya di sepanjang area bibir situ.  “Tujuannya ingin dijadikan objek wisata baru sebagai pelopor sekaligus untuk mengantisipasi banjir,” jelasnya

Adapun rincian dari proyek Situ Rawa Basar ini, lanjut Denny, yaitu untuk pengerjaan jogging track senilai Rp 2,7 miliar sedangan normalisasi situ atau pengerukan sebesar Rp 7 miliar.

“Kita target Desember tahun ini selesai. Alhamdulillah sudah berjalan termasuk pemasangan turap. Luas areal disini 17 hektar. Ini merupakan anggaran hibah DKI Jakarta.”

Sementara itu, Kabid Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum SatpolPP Depok, M. Fahmi mengungkapkan, total bangunan liar yang ditertibkan di sepanjang bibir situ tersebut mencapai sekira 16 bangunan. Fahmi menegaskan, pihaknya telah melakukan hal ini sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kita lakukan sesuai SOP artinya sudah ada SP (Surat Peringatan) 1, 2 dan 3 termasuk pemberitahuan pembongkaran sudah kita tempuh. Mereka (warga) kooperatif bahkan di dukung RT dan RW.”

Setelah Situ Rawa Besar, selanjutnya SatpolPP akan melakukan penertiban di area Situ Sawangan pada Rabu 20 November 2019, mendatang. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here