Amerika Serikat vs Kanada, Penentu Juara Grup B Piala Emas 2021

Skuat Amerika Serikat di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Skuat Amerika Serikat di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

KOTA KANSAS, KANSAS—Pertandingan Piala Emas Concacaf 2021 akan menemui ujung babak penyisihan grup, dengan diawali Amerika Serikat (AS) kontra Kanada, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

Sama-sama punya enam poin dan sudah dipastikan lolos ke perempat final, pertarungan yang bakal tersaji di Sporting Park, besok pagi itu, menentukan siapa juara dan runner-up Grup B.

Sebab posisi akhir kedua tim di papan klasemen sangat menentukan siapa lawan mereka selanjutnya di babak sistem gugur.

DIBACA JUGA: Gilas Martinik 6-1, AS Melangkah ke Perempat Final Piala Emas 2021

Meskipun AS menang 6-1 melawan Martinik, tim Amerika Utara ini masih sedikit tertinggal dalam selisih gol dengan Kanada, sang pemuncak klasemen sementara.

Klasemen sementara Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen sementara Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Pelatih AS, Gregg Berhalter, mengakui bahwa sekarang, untuk mencapai tujuan itu, timnya harus mengalahkan, bukan hanya bermain seri.

“Kami memiliki tujuan, untuk memenangkan grup,” kata Berhalter dikutip concacaf.com. “Ini akan menjadi pertandingan yang bagus dan kompetitif,” sambung Berhalter.

DIBACA JUGA: Piala Emas Concacaf 2021 Dimulai, Sudah Berlangsung Empat Hari

Usia rata-rata daftar pemain AS adalah 24 tahun, dengan sembilan pemain berusia 23 tahun atau lebih muda. Pemain Kanada rata-rata berusia 26 tahun, dengan lima pemain 23 tahun atau lebih muda.

“Sangat penting untuk menguji pertempuran orang-orang ini. Berada di sekitar liga, Anda mengenal orang-orang Kanada,” ujar Berhalter tentang skuat mudanya sambil menekankan rasa hormatnya kepada para pemain Kanada.

Berhalter senang melihat para pemain muda tim nasional AS meningkat di setiap pertandingan. Setelah kemenangan pembukaan yang ketat melawan Haiti 1-0, AS pergi berburu gol melawan Martinik.

“Mereka memiliki urgensi untuk mendapatkan gol. Permainan posisi kami bisa meningkat. Kami melakukan 22 tembakan dan kami hanya mencetak enam gol,” urai Berhalter.

DIBACA JUGA: Kemenangan Perdana Qatar di Piala Emas Concacaf 2021

Dengan para pemain AS sekarang tampil lebih pada level yang dia harapkan, Berhalter memiliki prediksi untuk pertandingan melawan Kanada. “Ini akan menjadi permainan yang menyenangkan,” simpulnya.

Amerika Serikat tuan rumah Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twiter U.S. Soccer MNT)
Amerika Serikat tuan rumah Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twiter U.S. Soccer MNT)

Gelandang Cristian Roldan, veteran AS di Piala Emas 2017 dan 2019, menekankan betapa bergunanya tes melawan Kanada. “Itulah jenis permainan rivalitas yang kami butuhkan,” tegasnya.

Roldan, yang mengatur banyak serangan AS terhadap Martinik, menyatakan bahwa tujuan penting selama ini adalah untuk memimpin Grup B. Sejauh ini, kata dia, mereka belum melakukannya.

“Kami berharap berada di atas. Kanada akan menjadi lawan yang sangat tangguh,” jelas Roldan.

(tdr/*)