Amerika Serikat Belum Terkalahkan di Piala Emas 2021

Pemain Amerika Serikat merayakan gol cepat yang dibuat oleh Shaquell Moore dalan waktu 20 detik.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pemain Amerika Serikat merayakan gol cepat yang dibuat oleh Shaquell Moore dalan waktu 20 detik.(Foto: Twitter Gold Cup)

KOTA KANSAS, KANSAS—Amerika Serikat (AS) meraih jumlah poin sempurna di fase penyisihan Grup B Piala Emas 2021. Tambahan tiga angka terakhir diraih usai mengalahkan Kanada 1-0.

Duel AS dengan Kanada adalah penentu siapa juara grup. Keduanya juga sudah lolos ke perempat final sehingga kalah atau menang tidak akan berpengaruh bagi posisi mereka.

Namun sebagai tuan rumah, AS harus menunjukkan jati dirinya sebagai tim favorit. Itu terbukti dibuktikan oleh Negeri Paman Sam di Sporting Park, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

DIBACA JUGA: Amerika Serikat vs Kanada, Penentu Juara Grup B Piala Emas 2021

Pertandingan dimulai dengan cepat saat AS mencetak gol dalam beberapa detik setelah kickoff. Gelandang Kellyn Acosta menemukan Sebastian Lletget menyerang di sisi kiri.

Lletget mengirim umpan silang mendatar cepat ke tiang jauh dan kiper Kanada, Maxime Crepeau, melenceng dari garisnya, tetapi bola melewatinya.

Shaquell Moore berlari dengan baik ke dalam kotak penalti dan memasukkan bola ke dalam gawang. Itu adalah gol tercepat yang dicetak dalam sejarah AS hanya dalam 20 detik.

Duel udara pemain Amerika Serikat dengan kiper Kanada.(Foto: Twitter Gold Cup)
Duel udara pemain Amerika Serikat dengan kiper Kanada.(Foto: Twitter Gold Cup)

Gol pertama yang secepat kilat itu menjadi satu-satunya gol di pertandingan ini. AS menang, Kanada kalah dan harus rela posisi puncak klasemen diambil oleh sang empunya rumah.

Meski menang tipis 1-0 sudah cukup bagi AS untuk menduduki posisi teratas klasemen akhir Grup A dengan sembilan angka.

Enam poin sebelumnya didapat AS usai mengalahkan Haiti (1-0) dan menggasak Martinik 6-1. DIBACA JUGA: Gilas Martinik 6-1, AS Melangkah ke Perempat Final Piala Emas 2021

Kanada di posisi kedua dengan enam poin. Ini adalah kekalahan pertama Kanada di penyisihan grup, setelah dua laga sebelumnya selalu menang masing-masing atas Martinik (4-1) dan Haiti (4-1).

Klasemen akhir Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Gold Cup)
Klasemen akhir Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Gold Cup)

Haiti yang di laga lainnya mengalahkan Martinik 2-1 menduduki posisi ketiga dengan tiga poin. Martinik menjadi satu-satunya tim di Grup B yang belum merasakan kemenangan. Poin mereka nol.

DIBACA JUGA: Martinik Keok dari Haiti, Tapi Pemainnya Cetak Sejarah 1.000 Gol

Kendati begitu, rekor 1.000 gol turnamen Piala Emas 2021 datang dari pemain Martinik, Kevin Fortune. Gol sundulan kepala Fortune di Toyota Stadium, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB, menjadi yang ke-1.000 sepanjang sejarah Piala Emas.

(tdr/*)