Alvaro Morata Bawa Spanyol ke Piala Dunia 2022 Qatar

Alvaro Morata (kanan).(Foto: Twitter/Seleccion Espanola de Futebol)
Alvaro Morata (kanan).(Foto: Twitter/Seleccion Espanola de Futebol)

DepokToday-Sebuah gol terlambat dari pemain pengganti Alvaro Morata membuat Spanyol mendapat tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Morata mencetak gol pada menit 86 yang membuat Spanyol menang melawan Swedia 1-0 di pertandingan kualifikasi Grup B di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin 15 November 2021 dini hari WIB.

Dengan kemenangan itu, Spanyol menjadi juara Grup B dengan 19 poin dan berhak mendapat tiket tampil di Piala Dunia tahun depan.

Pertandingan Spanyol vs Swedia.(Foto: Twitter/European Qualifiers)
Pertandingan Spanyol vs Swedia.(Foto: Twitter/European Qualifiers)

Sementara kekalahan yang dialami Swedia membuat mereka menghuni runner-up grup dengan 15 poin.

Zlatan Ibrahimovic dan kolega mesti berjuang melalui babak play-off untuk dapat berlaga di Qatar tahun depan.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia: Spanyol Menang, Swedia Kalah, Portugal Imbang

BACA JUGA: Inggris dan Belgia Merajalela, Swedia Mengejutkan Spanyol

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menjelaskan betapa pentingnya gol itu bagi Morata di mana dia dicemooh selama Piala Eropa 2020.

“Tanpa ragu saya senang untuk Alvaro, bahwa dialah yang menutup siklus, mencetak gol… tidak ada pemain yang lebih mewakili mengatasi kesulitan dan kritik daripada Morata,” kata Enrique.

Enrique mengakui timnya mengalami kesulitan saat menghadapi Swedia. “Kami menderita dalam permainan. Tidak ada cara lain karena mereka adalah tim yang harus ditakuti. Mereka bertahan dengan baik, mereka menutup ruang,” katanya.

Para pemain dan ofisial tim Spanyol bersuka cita merayakan kelolosan mereka ke Piala Dunia 2022.(Foto: Twitter/European Qualifiers)
Para pemain dan ofisial tim Spanyol bersuka cita merayakan kelolosan mereka ke Piala Dunia 2022.(Foto: Twitter/European Qualifiers)

“Pada akhirnya saya pikir kami mendapat keadilan. Hadiah yang pantas untuk para pemain. Saya sangat bangga dengan para pemain, semua pemain yang telah ambil bagian dalam fase kualifikasi dan tidak hanya mereka yang pernah berada di Sevilla. Kami telah menutup siklus setelah melalui banyak kesulitan,” Enrique menambahkan.

Di lain pihak, Pelatih Swedia, Janne Andersson, tidak akan menyalahkan pemain karena mendapat hasil minor ini.

“Saya tidak bisa menyalahkan para pemain. Tentu saja ada beberapa hal yang bisa kami lakukan dengan lebih baik, tetapi hari ini dalam kenyataannya ada peluang [untuk Swedia]. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi, saya pikir kami melakukannya dengan cukup baik tetapi tidak berhasil mencetak gol,” jelas Andersson.

(tdr/sumber: UEFA)