Alhamdulillah, UMK Depok Dipastikan Naik di Bulan Ini

Demo buruh (DepokToday.com)
Demo buruh (DepokToday.com)

DepokToday – Pemkot Depok masih melakukan penysunan rencana kenaikan besaran Upah Minimum Kota  atau UMK Depok. Meski begitu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memastikan jika kenaikan akan terjadi mulai 1 Januari mendatang.

“Kalau besaran masih kita bahas, termasuk hari ini (kemarin) juga masih kami bahas bersama Wali Kota. Tapi kenaikan UMK ini akan dilakukan pada Januari mendatang,” Kata Kadisnaker Kota Depok Mohamad Thamrin pada Senin  22 November 2021.

Thamrin menerangkan, semua usulan telah disampaikan kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris, nantinya wali kota yang akan menentukan hal ini. Sebelumnya Thamrin menjelaskan, setiap tahun kenaikan upah ini dilaksanakan pihaknya.

Terdapat sejumlah pertimbangan yang menentukan kenaikan UMK Depok. Salah satunya, perhitungan UMK berdasarkan formula yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Baca Juga: PTM Terbatas Dihentikan, Guru di Depok Pesan Begini Bro…

“Setiap tahun pasti ada kenaikan (UMK Depok). Namun, untuk tahun ini tidak besar, karena terdapat perbedaan aturan dari tahun sebelumnya,” sebut dia.

Lebih rinci kata dia, untuk penetapan UMK dilakukan berdasarkan formula yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Sedangkan sebelumnya, menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. (lala/*)