Alhamdulillah, Pekan Ini Depok Masuk Zona Kuning Penyebaran COVID-19

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Setelah berbulan-bulan lamanya berjibaku melawan COVID-19, akhirnya Depok masuk dalam zona kuning atau zona risiko rendah penyebaran virus tersebut.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana pada Rabu 8 September 2021. “Alhamdulillah berdasarkan indikator kesehatan masyarakat dari BNPB, Depok minggu ini zona kuning,” sebut Dadang.

Jika dihitung, masuk ke dalam zona kuning merupakan capaian terbaik dalam penanganan pandemi selama 1,5 tahun terkahir ini.

Sejak awal kasus COVID-19 di Depok yang juga menjadi tanda masuknya virus tersebut di Indonesia pada 2020 silam, status zona penyebaran virus ini terus meningkat dari hari ke hari.

Baca Juga: Berkaca dari Kasus Lapas Tangerang, Kondisi Rutan Depok Jadi Sorotan

Alih-alih melandai, kasus penyebaran COVID-19 ini meningkat pada awal 2021. Tidak terbendum, sejumlah rumah sakit dan pusat isolasi overload dalam menerima pasien. Kasus aktif pada beberapa pekan lalu juga sempat mencapai belasan ribu.

Baca Juga: [Update] BOR Rumah Sakit di Kota Depok, Selasa 7 September 2021, Tujuh Rumah Sakit Nihil Pasien COVID-19

Untuk saat ini, pemerintah dan warga Depok harus bersyukur karena  masuk zona kuning dan kasus aktif hanya  berjumlah 1.341. Sedangkan untuk penambahan kasus pada hari ini sejumlah 37 kasus. Tingkat kesembuhan terus menunjukan tren positif, dimana hari ini ada 118 pasien COVID yang sembuh.

Gugus tugas juga tetap mengingatkan, jika capaian ini harus dibarangi dengan disiplin prokes yang ketat. (lala/*)