Alhamdulillah, COVID-19 Depok Menurun, BOR RS Kini di Bawah 20 Persen

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Kasus penyebaran COVID-19 yang terus menurun berdampak kepada tingkat keterisian rumah sakit yang ada di Kota Depok atau Bed Bed Occupancy Rate (BOR). Saat ini, untuk keterisian tempat tidur rumah sakit yang ada di Kota Depok telah berada di bawah 20 persen.

Berdasarkan situs resmi pemerintah Kota Depok yang dilansir pada Senin 13 September 2021, dari ratusan bed khusus pasien terkonfirmasi COVID-19, keterisian tempat tidur atau BOR untuk ruang isolasi sebanyak 10,13 persen dan ruang Intensive Care Unit (ICU) yakni 16,18 persen.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dari jumlah 24 rumah sakit di Kota Depok, kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19 atau isolasi masih tersedia 977 unit, sedangkan TT ICU COVID-19 masih terdapat 136 unit.

Jumlah ini tentunya sudah jauh berkurang dari keadaan BOR beberapa pekan lalu. Jika dibandingkan data per 12 Agustus, BOR Isolasi mencapai 38,73 persen dan BOR ICU capai 72,46 persen.

Ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU yang terpakai pada 12 Agustus sebanyak 421 tempat tidur isolasi dan 100 tempat tidur ICU. Sedangkan di 9 September sudah berkurang menjadi 94 tempat tidur Isolasi dan 28 tempat tidur ICU.

Baca Juga: Banyak yang Belum Ngeh, Begini Asal Usul Nama Perkakas Kunci Inggris

Selan itu, kasus COVID-19 Kota Depok yang menurun membuat Depok saat ini masuk dalam zona kuning atau risiko rendah penularan COVID-19. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap tingkat keterisian Tempat Tidur.

Sebelumnya, setelah berbulan-bulan lamanya berjibaku melawan COVID-19, akhirnya Depok masuk dalam zona kuning atau zona risiko rendah penyebaran virus tersebut.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana pada Rabu 8 September 2021. “Alhamdulillah berdasarkan indikator kesehatan masyarakat dari BNPB, Depok minggu ini zona kuning,” sebut Dadang belum lama ini. (lala/*)