Aksi Menegangkan 4 Prajurit TNI Sergap KKB di Tengah Sungai

Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)
Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)

DepokToday- Pasukan TNI kembali berhasil meringkus dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB alias OPM. Mereka dikepung di tengah Sungai Oksip-Mongham di Kabupaten Pengunungan Bintang, Papua, belum lama ini.

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, kedua anggota KKB yang berhasil ditangkap itu adalah kelompok Ngalum Kupel, pimpinan Lamek Taplo.

Jejak keduanya terungkap dari laporan warga setempat. Nah saat itu, perahu yang digunakan mereka rusak di tengah sungai tersebut.

“Mereka (anggota KKB) menggunakan perahu jenis Johnson dari arah PNG menuju ke Mongham yang merupakan basis KKB,” kata Danrem 172/PWY, Brigjen Isak Pangemanan disitat dari Kompas pada Jumat 10 September 2021.

Kejadian bermula ketika warga curiga dengan gelagat keduanya. Karena merasa janggal, sejumlah warga setempat kemudian melaporkannya kepada aparat Koramil 1715-05/Batom.

Senjata OPM (Foto: Istimewa)

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, 4 anggota Koramil bersama beberapa pemuda dan anggota Linmas kemudian berangkat ke lokasi dengan menggunakan perahu.

“Personel kami kemudian melakukan pengepungan di pertengahan sungai Oksip-Mongham dan berhasil menangkap dua orang anggota KKB itu,” ujarnya.

KKB Bawa Banyak Senjata

Dari hasil pemeriksaan terungkap, kedua anggota KKB itu yakni bernama Yulian Uropmabin (36 tahun) dan Kapol Uropmabin (42 tahun).

Tak hanya itu, setelah diperiksa, aparat berhasil menemukan lima pucuk senjata. Adapun barang bukti yang diamankan itu di antaranya, dua pucuk senjata api jenis M-16 yang salah satunya dilengkapi dengan pelontar granat, dan satu pucuk senapan laras panjang rakitan.

Baca Juga: Detik-detik Pabrik Karung Terbakar, Begini Kondisi Pekerja di Dalamnya

Selain itu, aparat juga menyita 35 butir amunisi 5,56 mm, dua butir GLM, dua buah ponsel, enam buah senjata tajam, satu buah solar cell, lima buah flasdisk, satu buah Bendera OPM, tiga buah Bendera “Buka”.

Kemudian, dua buah Bendera “Buka” kecil, satu buah ketapel, satu lembar fotokopi KK, satu buku kartu kesehatan, dua lembar tiket pesawat, satu buah buku saku, delapan buah tas, dan satu buah tenda payung. Kedua orang yang diduga anggota KKB tersebut ditahan di Koramil 1715-05/Batom. (rul/*)