Akhirnya Pemerintah Larang Warga Asing atau TKA ke Indonesia

Ilustrasi TKA Cina (Istimewa)
Ilustrasi TKA Cina (Istimewa)

DEPOK- Pemerintah RI melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) telah mengeluarkan aturan terbaru terkait pembatasan orang asing atau tenaga kerja asing alias TKA di masa PPKM Darurat.

Mereka dilarang keras masuk ke wilayah Indonesia, meskipun tujuannya adalah proyek strategis nasional. Tapi ada pengecualian. Warga negara asing yang bisa masuk Indonesia di masa PPKM Darurat saat ini, satu-satunya hanyalah bagi mereka dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan.

Dilansir dari hops.id jaringan DepokToday.com, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menjelaskan, aturan TKA tak bisa masuk ke Indonesia lagi tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Permenkumham ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Aturan ini hadir berkat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Wali Kota Depok Anjurkan Masyarakat Punya HEPA Filter Dirumah

Dalam aturan itu, Yasonna menuturkan, TKA yang mengisi proyek strategis pun dilarang masuk Indonesia.

“Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia,” ujar Yasonna soal aturannya Tenaga Kerja Asing masuk Indonesia dikutip pada Kamis 22 Juli 2021.

TKA yang Boleh ke Indonesia

Nah dalam aturan terbaru itu, orang asing yang boleh masuk Indonesia di masa pembatasan darurat ini yakni orang asing yang boleh masuk ke Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, serta yang tujua kemanusiaan dan kesehatan.

Untuk penerapan aturan TKA tak bisa masuk Indonesia ini, Yasonna mengatakan di lapangan Kemenkumham akan berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kemenhub. Tim lintas kementerian ini akan mengecek status orang asing yang masuk ke Indonesia.

Bila ada diplomat yang mau masuk ke Indonesia dalam rangka tugas, maka Kemenlu akan mengeceknya. Demikian juga orang asing yang masuk ke Indonesia untuk tujuan kesehatan dan kemanusiaan akan dicek dan diperbolehkan masuk ke wilayah RI. (rul/*)